Truk Listrik Impian Mitsubishi

Tokyo – Mitsubishi memiliki pijakan yang kuat dalam menciptakan kendaraan berpenggerak motor listrik. i-MiEV, merupakan contoh mobil listrik Mitsubishi yang sudah teruji kemampuan dan ketahanannya. Atas dasar itulah, Mitsubishi kemudian menciptakan mobil konsep baru yaitu PX-MiEV II berwujud crossover yang diperlihatkan di Tokyo Motor Show 2011, beberapa waktu lalu. Tidak sampai disitu, kini pabrikan berlambang tiga berlian tersebut tengah berencana menciptakan mobil listrik berpenampilan truk ringan untuk kebutuhan para petani dan pengusaha kecil.

Dikabarkan truk EV ini akan diproduksi pada 2013 mendatang guna membantu petani dan pengusaha kecil dalam mengurangi biaya operasionalnya. Jadi kedepannya mungkin saja Mitsubishi Colt atau kepala kuning berbahan bakar bensin akan digantikan dengan truk serupa tapi penggerakknya bertenaga listrik. Meskipun saat ini belum ada prototipe atau sketsanya, namun truk EV ini diharapkan dapat dijual secara global pada tahun 2016.
Bagusnya di Jepang, mobil-mobil ramah lingkungan macam truk EV ini akan mendapat subsidi dari pemerintah Jepang. Tidak tanggung-tanggung, subsidi yang digelontorkan pemerintah Jepang jumlahnya bisa mencapai lebih dari Rp 100 juta, sehingga harga jual kepada konsumen akan terjangkau masyarakat kelas menengah ke bawah untuk memajukan usahanya.

Mitsubishi Motor Corporation (MMC) memang tengah gencar mengkampanyekan mobil ramah lingkungan seperti mobil listrik. Bahkan MMC akan menyiapkan hingga 8 unit EV untuk diluncurkan dalam beberapa tahun kedepan. Hal ini menjadi bagian dari misinya untuk menjadi pemimpin dalam pengembangan mobil listrik di dunia. Di tahun 2012 saja, Mitsubishi telah menargetkan penjualan 42.000 unit mobil listrik di seluruh dunia. (M. Lulut)

Sumber: oto.co.id

Leave a Reply

Your email address will not be published.