Tips Gigi Mundur Bermasalah

MENGAMBIL posisi transmisi mundur memang sering menimbulkan kesulitan, terutama bagi mereka yang baru berkenalan dengan kendaraan tertentu. Masalah yang kelihatan rumit ini ternyata sangat mudah diatasi. Seperti disebutkan situs AstraWorld, cara termudah mengatasi kesulitan ini adalah dengan terlebih dahulu melepas pedal kopling. Langkah ini, tentunya dikerjakan saat mobil baru akan digunakan dan belum bergerak sedikit pun. Setelah itu, pedal kopling dipijak kembali sampai habis, baru kemudian tuas transmisi digeser ke posisi mundur.

Cara pertama itu memang banyak sekali membantu dalam pemindahan transmisi ke posisi mundur. Namun, bukan berarti tidak pernah gagal.

Ada satu cara lain yang bisa ditempuh jika solusi awal tadi tidak berhasil. Pertama-tama, pindahkan tuas transmisi ke posisi satu. Setelah itu, pindahkan tuas ke posisi mundur. Cara ini diakui cukup membantu menyelesaikan masalah transmisi mundur.

Kesulitan memindahkan tuas ke posisi mundur sebenarnya menyimpan alasan teknis tersendiri yang bertujuan baik. Hal ini tidak terlepas dari konstruksi komponen gigi mundur yang memang dirancang berbentuk sejajar (sliding). Sehingga, ketika tuas gigi mundur bekerja, mata gerigi mundur dan alur yang akan diputar harus berada pada posisi yang sangat bersesuaian. Karena, bila ada sedikit saja bagian yang meleset akan berakibat pada pemindahan tuas yang terasa keras seperti ada yang mengganjal.

Ganjalan ini hanya akan hilang bila tuas transmisi diposisikan maju ke gigi satu terlebih dahulu. Hal ini juga berkaitan dengan konstruksi gigi maju dari satu sampai lima yang menggunakan sistem syndromes Pada saat gigi di posisi satu, sistem akan memilih gigi pemutar yang sama dengan gigi yang akan diputar.

Sementara, pergeseran pada konstruksi gigi maju juga dapat mengakibatkan pergeseran pada bagian konstruksi gigi mundur. Akibatnya, bisa terjadi koreksi yang menciptakan kesesuaian antara mata gigi pemutar dengan alur gigi yang akan diputar. Kondisi ini sebagai bentuk pemindahan transmisi ke posisi mundur yang terasa mudah. Sangat logis jika kedua upaya tersebut tetap menjadi pilihan penyelesaian masalah pemindahan gigi mundur. Ulangi pemindahan transmisi ke posisi satu, baru kemudian tuas digeser lagi menuju posisi mundur. [Y-5]

Leave a Reply

Your email address will not be published.