Sebab Rem Berbunyi

Bila setiap di injak pedal rem mobil yang Anda kendarai mengeluarkan bunyi gesekan tentu akan mengganggu telinga dan membuat hati jadi kebat-kebit. Suara yang muncul biasanya seperti bunyi gesekan antara dua buah benda dari bagian-bagian di sekitar roda.

Pada umumnya bunyi rem yang terdengar itu disebabkan karena bermacam-macam faktor antara lain permukaan bidang rem sudah rusak atau aus, terjadi perubahan sifat-sifat fisik atau terjadi pengerasan dari permukaan bidang rem. Permukaan bidang rem yang menjadi keras, halus serta mengkilat seperti kaca, masih dapat dipergunakan setelah permukaan tersebut digosok dengan kertas ampelas, yaitu setelah terbentuk permukaan yang baru.

Faktor lain yang membuat bunyi rem terdengar sumbang adalah adanya paku keling yang menonjol ke luar permukaan bidang rem, karena terjadinya keausan dari bagian tersebut terakhir. Atau bisa juga terjadi kontak yang tidak tepat antara bidang rem dengan selubungnya. Tidak jarang bunyi rem disebabkan oleh longgarnya bantalan-bantalan roda.

Jika faktor-faktor tersebut dialami oleh kendaraan Anda maka sebaiknya anda bersegera membawa mobil Anda ke bengkel resmi atau bengkel umum yang Anda percayai. Jika dibiarkan, bukan hanya akan mengganggu kenyamanan berkendara namun juga mengundang bahaya. (L-11)

Leave a Reply

Your email address will not be published.