Agar Mika Lampu Tetap Kinclong

ADA kepuasan tersendiri jika eksterior bodi kendaraan terlihat kinclong. Namun, komponen yang sudah lama terkadang sangat sulit dibuat mengilap. Apa jadinya jika mobil semewah Mercy ataupun BMW mika lampunya kusam dan buram?

Jangan cemas jika mika lampu sudah kusam dan buram. Jangan terburu-buru menggantinya dengan yang baru. Sebab dengan biaya murah dan peralatan/bahan yang dapat dipakai berulang-ulang, Anda bisa membuat mika lampu mobil kembali mengilap.

Untuk itu, beberapa peralatan yang diperlukan terdiri dari kuas cat ukuran sedang, kuas kecil, sikat gigi, kain katun, dan air. Sementara bahan yang digunakan terdiri dari air bersih, HCl, shampo bayi, deterjen, compound putih, dan cairan pembersih mika lampu cair (liquid).

Sedangkan peralatan dan bahan lain yang disediakan di antaranya katun, isolasi ducting berbahan alumunium foil dengan perekat, dan langsol cair. Isolasi ducting dapat diperoleh di toko perlengkapan AC, dan langsol cair bisa diperoleh di bengkel spesialis pagar besi dan teralis.

Sementara bahan HCl, zat asam yang berfungsi merontokkan kerak hasil oksidasi, dapat dibeli di toko cairan kimiawi. Untuk cairan pembersih muka, banyak dijumpai di toko serba ada dekat tempat tinggal Anda. Sementara itu batok lampu dibersihkan dengan menggunakan cutter atau bisa juga dengan pisau artknife.

Langkah pertama adalah mencopot bagian lampu dan memisahkan mika lampu dari batok lampu. Kemudian, tuangkan sedikit demi sedikit campuran HCl dan sampo bayi dengan perbandingan 1:3. Artinya satu bagian untuk HCl dan tiga bagian untuk shampo. Sikat perlahan bagian dalam dan luar mika dengan kuas cat berukuran sedang.

Agar rata, pada bagian yang sulit gunakan kuas kecil untuk mengangkat kotoran. Jika kotoran agak tebal dan terselip pada kode produk (seperti angka dan huruf timbul), sebaiknya gunakan sikat gigi. Setelah itu kotoran dibersihkan lalu siram mika lampu dengan air. Selanjutnya, menggunakan deterjen dengan alat yang sama dan kemudian dicuci dengan air bersih.

Biasanya akan muncul retak-retak halus dan bekas goresan setelah mika kering yang semula tertutup kotoran. Untuk menghilangkannya, gunakan compound putih dengan kain katun. Agar mika lampu tidak buram akibat compound, gunakan cairan pembersih mika lampu. Untuk kode di lampu dibersihkan dengan sikat gigi agar mudah.

Sementara untuk membersihkan batok lampu mobil gunakan kain bersih untuk mengusir kotorannya. Selanjutnya lapisi batok dengan isolasi ducting kemudian potong mengikuti alur yang ada di batok lampu. Gunakan cutter atau pisau artknife untuk memotongnya. Setelah terpasang rapi, tuangkan langsol cair sedikit demi sedikit agar isolasi ducting kelihatan mengilap. (L-11)

Leave a Reply

Your email address will not be published.