Periksa Ban dan Karburator di Musim Hujan

PERIKSA keadaan ban untuk menghadapi jalan yang basah dan licin. Musim hujan membuat jalan raya yang Anda lalui hampir tiap hari dalam keadaan basah sehingga membuat jalan beraspal itu menjadi licin. Jika tidak ekstra hati-hati dalam mengemudi, bisa berbahaya.Di samping itu, untuk menghadapi jalan yang basah dan licin, ban harus dalam kondisi yang oke dan karakteristiknya harus cocok dengan kondisi jalan.

Periksa keadaan ban mulai dari tekanan anginnya apakah sudah sesuai dengan petunjuk dari pabrik. Jangan lupa memasang penutup pentil untuk mencegah kebocoran angin pada ban.

Kemudian, ketebalan kembangan telapak ban apakah sudah aus. Jika sudah terlalu gundul gantilah dengan yang baru. Juga keausan ban bisa dilihat dari tread wear indicator yang ada pada ban tersebut.

Periksa apakah karakteristik jenis ban yang Anda gunakan sesuai dengan kondisi di musim hujan. Untuk menghadapi kondisi jalan yang basah dan licin sebaiknya menggunakan jenis ban basah.

Karakter ban basah memiliki kemampuan membuang air lebih cepat dan baik karena didesain dengan telapak membelah dari tengah ke pinggir dengan aliran membuang ke samping.

Lakukan perawatan dan servis secara teratur pada karburator, di samping servis komponen mobil lain. Karburator merupakan komponen mobil yang bersungsi sebagai alat pencampur bahan bakar dengan udara sehingga mudah terjadi pembakaran dan pengiriman energi ke mesin.

Jika terjadi gangguan atau kerusakan akan mempengaruhi kelancaran sistem pembakaran pada mobil Anda. Akibatnya laju mesin bisa terganggu.

Untuk itu lakukan perawatan dan servis secara teratur pada karburator, di samping servis komponen mobil lainnya.

Caranya, bersihkan seluruh bagian karburator dengan menggunakan bensin. Bersihkan pula saluran minyak dari debu dengan menggunakan semprotan udara tekan. Bersihkan bagian luar karburator dari kerak-kerak di sekitar katup dengan menggunakan sikat yang lunak.

Periksa apakah ada bagian yang retak, atau benjol pada permukaan gasket.

Periksa juga apakah pendorong katup bekerja dengan halus dan dudukannya terletak dengan benar. Periksa apakah ada kebocoran-kebocoran udara.

Periksa apakah ada kerusakan pada ulir-ulir sekrup jet dan lubang-lubangnya.

Periksa apakah bola pengontrol ada karat, retak dan benjolan. Periksa apakah torak pompa ada kerusakan pada bagian yang meluncur, terdapat kerusakan kulit. Periksa juga apakah kerja pompa pada lubang bornya baik, dan apakah pegas masih kuat atau atau sudah berkarat.

Periksa apakah katup kecepatan tinggi berfungsi dengan baik yaitu gerakannya halus dan kelonggaran ke arah sumbu. Bila ada kerusakan yang parah, gantilah katup kecepatan tinggi dengan yang baru. (oto.co.id/E-5)

Leave a Reply

Your email address will not be published.