Merawat Mobil Mesin Turbo

Menggunakan mesin bertenaga turbo memang menguntungkan. Karena teknologi ini akan banyak membantu menambah daya tenaga kendaraan Anda.

Sebaiknya Anda juga harus rajin merawat turbo tersebut jika tidak mau mengeluarkan biaya besar untuk perbaikannya. Selain itu, kalau kerusakan dibiarkan, dapat menjalar ke beberapa bagian yang penting. Beberapa tips berikut ini dapat membantu Anda dalam melakukan perawatan pada mesin turbo mobil Anda.Pertama, luangkan waktu untuk rajin melakukan servis rutin sistem turbo sesuai dengan rentang waktu yang direkomendasikan produsen mobil. Juga jangan lupa menggunakan oli yang sesuai dengan rekomendasi produsen. Periksa apakah ada kebocoran oli, suara-suara, dan getaran yang tidak wajar.

Kedua, perhatikan apakah tenaga turbo terasa berkurang dan mengeluarkan suara keras dengan asap biru atau hitam. Jika ya, itu berarti ada indikasi bahwa terdapat masalah pada mesin mobil tetapi bukan pada turbonya.

Selanjutnya jika hal itu Anda alami, panaskanlah mesin mobil selama beberapa saat. Tunggu temperatur oli mesin hingga mencapai suhu kerja optimal sebelum menginjak pedal gas dalam-dalam untuk mengaktifkan turbo.

Jangan mainkan pedal gas karena kemungkinan minyak pelumas komponen turbo belum sempurna. Tetapi sebaliknya, biarkan mesin berada pada kondisi idle beberapa saat sebelum mesin dimatikan.

Jika mesin langsung dimatikan seketika, maka pasokan oli mesin ke turbo otomatis terhenti. Sementara turbo masih berputar dengan kecepatan tinggi, hal ini dapat mencederai bearing. Kecuali jika teknologi turbo yang digunakan mesin mobil Anda adalah teknologi turbo terbaru, hal itu tidak perlu lagi dilakukan. (YC/B-12)

One thought on “Merawat Mobil Mesin Turbo”

  1. Salam,
    Kami sangat membutuhkan 1 unit Turbo Intercooler untuk Dyna 130 HT karena Turbo mobil kami rusak dan kami sangat membutuhkannya. kami berharap kami dapat dibantu untuk mendapatkannya.
    mohon konfirmasinya kami tunggu di
    Email : rhmt414n@gmail.com
    HP : 081248541314

Leave a Reply

Your email address will not be published.