Panggutan Ular Dodge Viper

Mengambil konsep dasar dari Shelby Cobra Daytona, masih mengadaptasi bentuk ular. Mobil reptilini menjadi salah satu mobil tercepat di jalan raya.
Mengambil konsepdasar dari Shelby Cobra Daytona, masih mengadaptasi bentuk ular. Mobil reptilini menjadi salah satu mobil tercepat di jalan raya. Bentuknya benar-benarmirip ular. Badannya sangat rendah, hampir menyentuh tanah. Ditambah denganpenampilan wajahnya dengan dua lampu depannya yang mirip wajah ular.

DODGE Viperdiperkenalkan pertama kali sebagai mobil konsep pada pameran mobilinternasional di Amerika pada tahun 1989. Ketika pertama kali diperkenalkan,kebanyakan orang lantas menghubungkannya dengan AC Cobra. Karena keduanyamemiliki kemiripan. Memang di beberapa titik, desain Viper mengambil bentukdari Shelby Cobra Daytona. Ini tak mengherankan karena Caroll Shelby memangikut urun rembuk dalam mendesain Dodge Viper.

Di akhir tahun 1988, Viper baru sajamenemukan bentuknya dari studio Design Advance milik Chrysler. Kemudian padabulan Februari tahun berikutnya, Bob Lutz, presiden dari Chrysler menyarankanpada Tom Gale agar memproduksi mobil seperti Cobra yang jauh lebih modern.Beberapa bulan kemudian model tanah liat itu sudah jadi dan diperlihatkan padaLutz. Mobil yang diperkenalkan pada pameran mobil di tahun 1989 itu, diberinama Copperhead. Karena bentuknya yang rendah dan lebar. Namun karena bentuknyamenyerupai ular maka lebih tepat dinamakan Viper atau Ular.

Tim Viper yang berjumlah 85 mekanikitu kemudian membuat dasar dari pembuatan Viper. Dengan bantuan dariLamborghini yang berada di bawah Chrysler itu. Membuat blok aluminum mesinberdasarkan mesin V10 truk Dodge. Setelah melewati serangkaian ujian, Viperlalu mendapat persetujuan Lee Iacocca, ditahun 1990 untuk diproduksi. Setahunkemudian dengan Caroll Shelby terlibat di dalamnya, Viper kemudian meluncur diarena balapan Indianapolis 500. Pada akhir tahun 1991, Viper resmidiperkenalkan ke publik. Lalu di awal tahun 1992, Viper sudah berada dijalan-jalan dengan kencangnya.

MODIFIKASI. Generasi pertama Viper menggunakan mesinyang diambil dari mesin truk Dodge Dakota V10. Karena desain mesin truk yangbesar itu tak sesuai dengan desain Viper. Maka mesin tersebut didesain ulangdengan memakai empat katup pada setiap silindernya.

Walhasil mesin Viper generasi pertama seberat 323 kilogram yangmenghasilkan 400 tenaga kuda pada putaran 4600 rpm. Dengan desain aerodinamisternyata mobil cepat ini termasuk hemat di kelasnya. Dengan komsumsi bahanbakar 11,2 liter untuk jarak 100 kilometer dengan kecepatan rata-rata saja.Bila dibandingkan dengan Ferrari, ternyata Viper sangat jauh lebih ringan. Bisadibayangkan dengan mesin berkekuatan besar dan berat kendaraan yang ringan,membuat mobil ini melaju dengan kencang.

Pada generasi kedua, atap mobil cepat ini terlihat lebih tinggi. Karenadidesain agar pengendara Viper di arena balapan bisa nyaman saat menggunakanhelm. Generasi kedua ini memperkenalkan seri GTS di tahun 1996. Sebenarnyatidak ada yang istimewa dari generasi kedua, bila tidak bisa dikatakan sebagaiperubahan.

Generasi kedua hanya meningkatkan performa mesin menjadi lebih besar,sasis yang lebih kuat dan ringan, suspensi yang lebih empuk dan perbaikan padasistem pengereman. Di tahun 1997, Viper untuk pertama kalinya dilengkapi dengan airbag. Dua tahun kemudian diameter roda berubah menjadi 18 inci. Ditahun 1999 itu, juga terdapat pengembangan pada mesin dengan menggunakan pistonringan hypereutectic dan sistem pembuangan yang lebih baik. Laluperbaikan sistem ABS di tahun 2001.

REVOLUSI. Perubahan pada Viper terjadi pada generasiketiga ZB di tahun 2003. Di bawah grup Street and Racing Technology DaimlerChrysler, Viper mengalami perubahan desain yang cukup besar. ViperSRT-10 mengalami perubahan desain yang lebih lancip dan lebih memiliki sudut.Mesin juga mengalami perubahan kapasitas menjadi 8,3 L (8285 cc) yangmenghasilkan 500 tenaga kuda. Pada generasi ketiga ini hadir edisi terbatasbernama Mamba. Mobil dengan interior berwarna hitam dengan warna merah sebagaiaksennya. Hanya ada 200 unit Viper Mamba ini.

Viper SRT-10 coupe yang barudiperkenalkan di tahun 2005 pada Detroit Auto Show, sebagai model tahun2006. Sebenarnya tak jauh berbeda dengan jenis convertible yang sudah lebihdahulu hadir. Namun perbedaannya adalah Viper SRT-10 coupe ini memilikikesamaan bagian sisi samping dan belakang dengan Viper Competition Coupe.

Namun sebenarnya Viper ini lebih banyak memiliki kesamaan dengan ViperGTS. Yakni memiliki atap double-bubble, lalu lampu belakang yang samapersis dan warna asli dengan strip putih yang ada pada Viper GTS. SayangnyaViper ini lebih berat ketimbang convertible-nya, menyebabkan menjadi sangatlamban pada kecepatan rendah. Meskipun sistem handling-nya jauh lebihbaik ketimbang convertible.

Sedangkan pada generasi keempat, Viper meningkatkan diri dengan 600 dayakuda dengan kapasitas mesin 8,4 L (8354 cc). Kendaraan ini makin kencang saja,berkat bantuan dari McLaren Automotive dan Ricardo Consulting Engineers.

Perubahan lain adalah sistem pembuangan gas. Pada generasi sebelumnyapipa knalpot yang melewati bawah dek kabin ternyata membuat panas kabin. Untukgenerasi keempat, knalpot dibagi dua, sehingga panas tak lagi menyerang kabin.Namun pembagian knalpot tidak membuat Viper kehilangan suara khasnya.

Generasi keempat Viper ini banyak dipuji-puji orang. Karena memilikikemampuan pemanduan yang lebih mudah dan terkontrol dengan baik. Bahkan dalamkondisi cuaca yang panas. Dalam perlombaan mobil Virginia InternationalRaceway, Viper membuktikan diri sebagai yang terbaik. Viper generasi keempatini berhasil menyingkirkan Corvette Z06, Ford GT, Porsche 911 Turbo dan Porsche911 GT3, serta Audi R8.

VARIAN. Dalam perjalanan waktunya. Viper banyakmembuka kesempatan bagi orang untuk membuat variannya sendiri. Seperti ViperGT2 yang dibuat untuk memenuhi ketentuan yang dibuat oleh FIA. Varian ini hanyaada sekitar 100 unit.

Kemudian model Viper ACR (AmericanClub Racing) yang diperkenalkan pada tahun 1999. Model ini khusus dibuatuntuk balapan di sirkuit. Model terbaru Viper ACR diluncurkan di tahun 2008ini. Versi terbaru Viper ACR ini memiliki jenis ban baru, sistem rem yang lebihbaik, suspensi yang bisa diatur dan desain yang lebih aerodinamik. Varian ViperACR ini memiliki kesamaan dengan Viper MOPAR.

Varian lainnya adalah Mopar ViperCoupe merupakan prototipe Viper tahun 2008. Prototipe ini diperkenalkan padatahun 2007 pada North American International Auto Show. Namun belum adatanda-tanda bahwa varian ini hendak diproduksi.

Lalu di tanah Inggris Viper GTSdimodifikasi menjadi GTS-R oleh Divisi Khusus Reynard Motorsport di tahun 1995.Dengan mengutak-atik mesin Viper, mereka berhasil meningkatkan kekuatan yangtadinya hanya 450 tenaga kuda menjadi 750 tenaga kuda. Dengan bendera CanaskaRacing, mobil ini kemudian mendapatkan debutnya di tahun 1996 pada lomba 24Hours of Daytona. Sedangkan varian yang hampir mirip dengan GTS-R ini adalahViper Competition Coupe yang tak bisa dibawa turun ke jalan. Varian ini hanyaboleh diturunkan pada arena balapan saja. SURYO

Leave a Reply

Your email address will not be published.