Optra Magnum Sebuah Keistimewaan Berlimpah

Setelah sukses dengan Chevrolet Captiva 2.4 Gasoline dan Chevrolet Captiva 2.0L Diesel VCDi, PT General Motor AutoWorld Indonesia (GMAWI) kembali menggebrak pasar Indonesia dengan meluncurkan New Chevrolet Optra Magnum 1.6 Liter. GMAWI mengklaim, New Optra Magnum ini bagaikan sebuah kendaraan mid-sedan yang modern, mewah, hemat bahan bakar dan mengusung keistimewaan berlimpah.

New Chevrolet Optra Magnum 1.6L merupakan generasi penerus Chevrolet Optra 1.8L. New Optra Magnum didesain oleh Pininfarina. Chevrolet Optra Magnum kini hadir dengan setumpuk daya tarik baru dan tampang lebih sporti berbekal lebih dari sepuluh fitur terbaru.

”Popularitas Captiva dan antusiasme masyarakat terhadap produk Chevrolet lain terus meningkat. Kami yakin, peluncuran New Chevrolet Optra Magnum 1.6L sudah dinantikan banyak penggemarnya di Indonesia. Karena itu, sekarang ini merupakan momen yang sangat tepat untuk menghadirkannya ke hadapan masyarakat Indonesia. Apalagi Optra Magnum hadir dengan harga yang terjangkau,” ujar Mukiat Sutikno, Managing Director GM AutoWorld Indonesia.

New Chevrolet Optra Magnum ditawarkan dengan harga Rp 176,9 juta (on the road Jakarta), untuk tipe transmisi manual (M/T) dan Rp 188.900.000 untuk tipe transmisi automatic (A/T).

Mukiat menegaskan, New Optra Magnum memiliki perbedaan yang sangat besar dibandingkan pendahulunya, terutama pada desain ekterior. Grill New Optra Magnum berbentuk sarang tawon yang dikelilingi garis chrome, dengan logo besar Chevy di tengah. ”Tampilan ini mengesankan New Optra Magnum adalah sosok yang gagah dilihat dari depan,” ujar Mukiat. Selain itu, tambahnya, penggunaan bumper depan besar kesan seakan menyatu dengan bodi, menjadikan Magnum semakin kokoh dan aerodinamis. Begitu pula pelek multi-seven spokes, menegaskan citra mewah dan sporti lewat desain baru lampu depan (headlamp new design) berjuluk The Golden Eye dan fog lamp yang melekat di bumper depan.

Penampilan interior Magnum juga berbeda dengan pendahulunya. Desain dasbor Magnum menggunakan material berkualitas dua warna berpadu dengan panel wood. Hal ini mengesankan kemewahan yang dimiliki Magnum dan konsep friendly environment (ramah lingkungan). Sementara itu untuk urusan penyimpanan barang, Magnum dibekali lebih dari 25 buah tempat penyimpanan barang. Bagasinya sendiri memiliki kapasitas 450 liter.

”Sebagai sedan sporti yang memiliki fungsi tinggi, Magnum menjawab kebutuhan individu dan keluarga dengan menawarkan ruang kabin dan bagasi yang lapang. Nilai keunggulan ini tertuang pada bangku belakang fleksibel yang dapat dilipat dalam komposisi 60:40,” jelas Mukiat.

Untuk menambah kesan mewah desain interior dan kenyamanan berkendara, tambahnya, Magnum menyodorkan sistem audio modern 2-DIN yang dapat memainkan radio, CD, dan MP3. ”Lebih dari itu, perangkat audio yang canggih ini mampu terkoneksi dengan perangkat pemutar musik digital seperti IPOD. Makin sempurna, karena Magnum dilengkapi dengan audio remote control pada setir,” ujarnya.

Mukiat mengklaim, Chevrolet Optra Magnum 1.6L sangat irit bahan bakar. Hal ini dikarenakan Magnum menggunakan mesin 1.6L E-Tec II 4-silinder 16-katup DOHC dengan VGIS. ”Kendati mesin lebih kecil, Magnum sangat hemat bahan bakar. Satu liter dapat dipergunakan untuk menempuh jarak 15 kilometer. Selain itu, mesin Magnum juga memiliki performa yang menjanjikan. Magnum mampu menghasilkan tenaga maksimum 110 ps pada rpm 5.800 dan torsi maksimum 150 pada rpm 4.000,” papar Mukiat.

Karena itu, kata dia, sebagai kendaraan yang mengedepankan kualitas, kenyamanan, performa, dan keseimbangan, Magnum telah dibekali dengan sistem suspensi unik, Euro-Ride Tuning Suspension. Sistem suspensi ini didesain secara khusus untuk mengakomodasi distribusi bobot dan menghadapi berbagai kondisi jalan.

Selain itu, kenyamanan berkendara juga ditunjang oleh keberadaan Hydraulic Engine Mounting System yang dapat meminimalkan getaran mesin dan aplikasi Total Noise Reduction System, sehingga membuat kabin lebih senyap.

Untuk keamanan dan keselamatan berkendara, ungkap Mukiat, Magnum dibekali rem cakram dari velg 16 inchi dengan menggunakan sistem ABS (Anti-lock Braking System) dengan EBD (Electronic Brake-Distribution), serta kantung udara (airbags) untuk pengemudi. ”Di samping meningkatkan kenyamanan, penggunaan velg dan ban yang lebih besar juga akan memaksimalkan sistem keselamatan berkendara,” paparnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.