Daihatsu Sirion 1.3L: Varian Baru, Harga Turun

Kalangan Agen Tunggal Pemegang Merek (ATPM) harus selalu punya jurus pemasaran. Kiat itu diperhatikan betul oleh PT Astra Daihatsu Motor (ADM), ATPM Daihatsu di Indonesia.

Bertepatan dengan pelaksanaan Grand Final Sirion Smart Slalom (SSS), PT ADM meluncurkan varian Sirion 1.3 L dengan harga di bawah Rp 120 juta (tipe manual, on the road/OTR Jakarta). Banderol ini lebih rendah dari harga Sirion sebelumnya yang berkisar Rp 133 juta (tipe manual, OTR Jakarta). Sirion Varian D baru ini hanya mengurangi piranti fog lampu depan dan package tray pada bagasinya.

Menurut Vice President Director ADM Sudirman MR, selain varian D, Sirion varian M juga telah mengalami perubahan. ‘’Varian M telah dimodifikasi menjadi lebih mewah dan sporti, baik interior maupun eksteriornya, namun harganya tetap yakni Rp 133,5 juta untuk tipe manual,’’ kata Sudirman.

Mobil city car yang diimpor secara CBU (completly built up) dari negeri jiran Malaysia ini mengalami perubahan pada eksteriornya. Tampak depan, mobil ini lebih agresif. Ada pilihan warna baru, Cool Pearl White yang trendi. Warna ini melengkapi warna-warna lain yang telah ada seperti Midnight Black Metallic, Glitering Silver Metallic, Mocca Silver Metallic dan Mistique Red. Kemudian, lampu depan memiliki Headlamp Eye Lid. Sedangkan di bagian belakang, ada Aerokit Package, Rear Spoiler, Back Sonar, dan Muffler Cutter. Di bagian roda, pada Sirion sebelumnya memakai ukuran 14 inchi, varian baru ini menggunakan roda ring 16 inchi. Performa kendaraan ini memiliki radius putar minimum 4,7 meter.

Perubahan interior mobil yang berdimensi (varian M) panjang 3.780 mm, lebar 1.665 mm, dan tinggi 1.585 mm ini adalah dashboard lebih sporti. Selain itu, tempat duduk yang berkapasitas lima orang ini tampil lebih elegan.

Di bagian dapur pacu, mesin tetap tak mengalami perubahan yakni tipe K3-VE DOHC VVT-i 1300 cc empat silinder segaris dengan jumlah katup sebanyak 16 katup. Dengan sistem bahan bakar Electronic Fuel Injecrtion (EFI), BBM (bahan bakar minyak) yang digunakan adalah bensin tanpa timbal.

Menurut Direktur Marketing ADM Suparno Djasmin, kendaraan yang sangat cocok untuk kawula muda ini telah diuji konsumsi penggunaan bahan bakarnya. Untuk pamakaian di dalam kota yang macet, satu liter bensin dapat menempuh 9,25 kilometer. Dan untuk perjalanan luar kota 1: 16,8 kilometer. ‘’Target penjualan sebesar 300 unit per bulan,’’ kata pria yang akrab dipanggil Apong.

Sementara itu, acara Grand Final Sirion Smart Slalom merupakan seri penutup dari dua seri sebelumnya yang diadakan di Surabaya dan Jakarta. SSS ini diikuti oleh para pemenang seri satu dan seri dua sebanyak 30 peserta dari kategori pelajar, mahasiswa dan umum. Mereka memperebutkan piala dan hadiah uang tunai sebesar Rp 36 juta.

Tidak ada perubahan mesin pada unit-unit Sirion yang dipakai pada ajang SSS ini. Penggunaan mesin standar ini untuk membuktikan ketangguhan mesin Sirion. ‘’Jadi, para pembeli Sirion akan merasakan kesamaan mesin seperti yang dipakai lomba ini,’’ kata Apong. Ia menambahkan, tidak menutup kemungkinan ajang SSS yang sangat baik untuk anak-anak muda menyalurkan bakat mereka dalam kegiatan motor sport ini akan diadakan lagi pada tahun-tahun berikutnya. ipw

Leave a Reply

Your email address will not be published.