Obat Central Lock Avanza Ngadat


Akuator piston lebih kuat tetapi agak berisik

Gejala central lock (CL) Toyota Avanza ngadat rupanya mulai menjamur. Ditandai dengan tidak bekerjanya aktuator CL saat remote dipencet. Kejadiannya bisa saat membuka atau menutup. Disinyalir, aktuator pada pintu kanan depan (sisi pengemudi) tidak merespon sinyal yang dikirimkan remote.

Sistem CL Avanza memiliki aktuator terpisah dari switch CL. Maksudnya, switch yang memerintahkan aktuator untuk membuka atau mengunci menempel pada mekanisme pengunci pintu. Sedangkan aktuator berada di bawah untuk menggerakkan tuas yang terhubung dengan mekanisme kunci (lihat diagram 1).

Nah, penyebabnya memang masih misteri. Bisa jadi karena melemah, atau ada yang rusak. Buat penggantinya, bisa pakai aktuator aftermarket. “Biasa disebut pistol CL. Kalau yang ini tendangannya lebih kuat ketimbang aslinya Avanza,” bilang Aeng, juragan gerai Sumber Motor di Pasar Mobil Kemayoran, Jakpus.

Aktuator bisa pakai yang hanya punya dua kabel, biasa dibanderol Rp 50 ribu sebuah. “Soalnya masih bisa pakai switch standar,” sambungnya. Pemasangannya pun relatif mudah karena tinggal menyesuaikan braket aktuator pistol baru dengan posisi asli tuasnya.

Berbeda kalau yang bermasalah di pintu belakang. Aktuator pistol harus ditambahkan pada rangkaian asli. “Aktuator asli tidak bisa dicopot karena sekaligus menjadi linkage antara mekanisme kunci dengan tuas di door trim,” sambungnya. Biar lebih jelas, simak diagram 2.

Penulis: Manut  (Tabloid Otomotif)

One thought on “Obat Central Lock Avanza Ngadat”

  1. Hi, mau tanya,
    di aktuator universal seperti gambar di atas kan ada penghubung antara batang aktuator dan knob penutup pintu (penghubung ini punya 3 sekrup), ini namanya apa ya? dan kira2 dijual di pasaran gak?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *