Knalpot Innova Disumbat Bensin Hemat


Diameter knalpot yang disumbat

Knalpot disumbat jangan selalu dianggap berefek negatif. Buat sebagian mobil malah bikin konsumsi BBM lebih irit. Lewat sedikit penghalangan yang ‘disengaja’ pada pipa saluran gas buang, tekanan balik gas akan timbul.

Sehingga back pressure ini akan meningkatkan torsi, menurunkan konsumsi bensin saat stop and go, juga lebih andal kala tanjakan. Hal ini yang diterapkan Amaranto Herdiawan pada Toyota Kijang Innova 2.0.

Amaranto yang workshop head sebuah bengkel knalpot di kawasan Jl. Garuda, Kemayoran Jakpus, sudah menerapkan pada banyak Innova. “Pengiritannya cukup baik. Yakni tiap liter bisa bertambah 2-3 km,” tambah pria ramah ini.

Aplikasi penyumbatan ini memanfaatkan sebuah pipa sepanjang 10 cm. Lantas pipa berdiamter 1 5/8 inci tadi akan dimasukan ke dalam pipa knalpot standar Innova yang 2,5 inci. Area yang disumbat berdekatan dengan flens antara pipa pertama dengan pipa yang bermuara header.

Nah karena tergolong modifikasi ringan tanpa merusak knalpot standarnya, Cuma dibutuhkan waktu kurang dari satu jam untuk pengerjaan. Sementara biayanya berkisar Rp 250-300 ribu.

Amaranto Herdiawan 021-4240714

Penulis: Uky (Tabloid Otomotif)

One thought on “Knalpot Innova Disumbat Bensin Hemat”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *