New Daihatsu Sirion, Irit dan Lincah Bermanuver

JAKARTA – Tidak berlebihan jika Sirion oleh PT Astra Daihatsu Motor (ADM) diturunkan dalam kejuaraan slalom di kelas hatchback beberapa waktu lalu. Sirion memang dikenal lincah bermanuver, bertenaga sarta irit konsumsi bahan bakar.

Walau bertransmisi otomatis, tenaga yang dikeluarkan Sirion cukup besar dan spontan. Perpindahan antar gigi berjalan halus, cocok untuk pemakaian dalam kota. menggunakan mesin K-3VE DOHC VVTi membuat mobil ini tak butuh waktu lama untuk mencapai kecepatan 100km/jam, cukup 13 detik saja. Dan meski kecepatan telah mencapai 150 km/jam, mobil tetap stabil dan tidak ada gejala limbung.

Semua kenyamanan bisa terjadi akibat penggunaan suspensi Mac Pherson Struts dengan per keong dan stabilizer di depan serta torsion beamplus di belakang. Selain itu ground clearance Sirion juga seimbang dengan ukuran panjang dan lebar body.

Soal konsumsi bahan bakar, Sirion tergolong irit. 1 liter bensin cukup untuk berjalan sejauh 12km pada pemakaian dalam kota.

Kenyamanan tidak hanya dihadirkan lewat eksterior. Interior pun dibuat agar pengendara betah berada didalam kabin yang cukup lega. Jok dibalut kulit, serta dashboard dibuat tanpa banyak lekukan sehingga terkesan sporty. Sektor audio juga mendapat sentuhan, meski tidak berspesifikasi sound quality (SQ), suara yang dihasilkan audio system bawaan pabrik terdengar cukup bersih.

Dengan rentang harga Rp136,5 juta – Rp145 juta, rasanya New Daihatsu Sirion memang pantas bersaing dengan kompetitor di kelasnya seperti Honda Jazz, Toyota Yaris atau Hyundai Getz.
(sumber:Sindo)
(ton)

Leave a Reply

Your email address will not be published.