Porsche Luncurkan Sportcar Empat Pintu

WEISSACH – Untuk pertama kalinya media automotif Auto Telegraaf memajang foto Porsche Panamera. sebuah sedan sport keluaran Porsche pertama yang menggunakan empat pintu. Mobil ini kabarnya akan di perkenalkan setelah acara Auto Motor und Sport di Jerman.

Tak banyak data yang didapat mengenai Porsche Panamera ini. Meski demikian dilihat dari ukurannya, mobil tersebut memiliki panjang 4.97m, lebar 1.93m, dan tinggi 1.42m. Body seperti ini lebih pendek dan lebih rendah dari kompetitornya, namun lebih lebar dari mobil di kelas yang sama. Mengenai berat belum ada kepastian, mungkin sekitar dua ton.

Bentuk lampu depan yang oval dibuat lebih besar dari mobil-mobil Porsche lain. Begitu pula dengan lampu belakang yang melebar hingga ke bagian buritan. Selain model pintu yang kini menjadi empat, perbedaan mencolok adalah adanya lekukan body di pilar A. Lekukan ini didesain cukup lebar yang fungsinya sebagai aliran angin ke ruang mesin.

Panamera telah menggunakan sistem air suspension di setiap kaki-kakinya. Tingkat kekerasan suspensi dapat diatur secara individual sesuai kondisi jalan yang dilalui. Penggunaan suspensi udara ini tentu menambah kenyamanan Panamera.

Urusan dapur pacu, Porsche memberikan pilihan beberapa tipe, mulai dari V6 3.6 liter berdaya 300hp, V8 4.8liter berdaya 400hp atau bahkan V6 Hybrid berdaya 350hp.

Rencananya, pabrikan asal Jerman itu menargetkan penjualan Panamera sebanyak 20 ribu unit pertahun dan 20 persen diantaranya Panamera Turbo. Mobil lux ini akan dipasarkan di Amerika Serikat, Eropa, serta Asia. Kita tunggu saja apakah Indonesia juga menjadi target pasar Panamera.
(ton)

Leave a Reply

Your email address will not be published.