Menyiasati Kenaikan Harga BBM

Pemerintah sudah menaikkan harga BBM. Tentu akan semakin ketat saja pengeluaran harian untuk menutupi kucuran BBM yang terus mengalir. Namun, setiap masalah pasti ada jalan keluarnya. Dengan kata lain, cara mengemudi bisa membuat BBM tidak akan mengucur deras terbuang sia-sia.

Berikut cara efisien, bagaimana kita bisa memperpanjang usia BBM:

Service Mobil : Servis mobil ke bengkel secara berkala, salah satunya dengan membersihkan dan mengganti filter udara secara berkala. Hal ini akan memudahkan udara yang masuk ke karburator agar konsumsi BBM tidak bercampur dengan zat lain yang membuat pasokan BBM lebih banyak. Selain itu, gunakan oli yang sesuai dengan standar dari pabrikan mobil.

Cek Tekanan Ban : Pastikan tekanan angin ban sesuai dengan standar pabrik. Sebab dengan kurangnya tekanan ban akan membuat laju kendaraan semakin berat. Otomatis torsi mesin dan tenaga semakin besar.

Menginjak pedal gas : Memainkan pedal gas (akselerator) dan menginjak hingga mentok, tentu konsumsi BBM akan boros. Tak hanya pada transmisi manual, pada transmisi otomatis pun juga sama. Cukup injak pedal gas dengan halus dan sesuai kebutuhan.

Penggunaan AC : Penggunaan AC menambah konsumsi bahan bakar sampai sekitar 20%. Sedikit batasi penggunaan dengan mengatur suhu secukupnya. Membuka jendela dalam kondisi AC menyala sungguh tidaklah bijaksana.

Pengendaraan normal : Kendarai mobil dengan kecepatan 70-80 kilometer per jam. Menurut hasil studi, mengendarai mobil dengan kecepatan yang berkisar 100-120 kilometer per jam menambah konsumsi bahan bakar sebanyak 20%.

Pemindahan gigi : Pemindahan gigi persneling yang baik dan benar sangat berpengaruh besar pada konsumsi BBM. Misalnya, pada mobil bertransmisi manual, putaran mesin harus disesuaikan dengan posisi gear. Idealnya perpindahan gerak pada putaran antara 2.000 hingga 3.000 rpm dan dengan gerakan tangan yang lebih cepat. Gunakan gigi yang paling tinggi ketika sedang melaju cepat di jalan tol. Putaran mesin pun akan tetap rendah, dan pemakaian bahan bakar pun bisa lebih dihemat.

Menginjak Rem : Saat memperlambat atau menghentikan laju kendaraan, manfaatkanlah pengurangan kecepatan dengan mesin (engine brake). Angkat pedal perlahan, dan putaran mesin pun akan ikut berkurang. Karena itu, lebih baik berjalan sedang namun laju ketimbang cepat tapi sering menginjak rem.

Hindari kemacetan : Kemacetan memang salah satu faktor utama pemborosan BBM. Kalau bisa, hindari dengan mengambil jalan yang agak memutar untuk menghindari titik-titik kemacetan. [Nanang/O1]

Leave a Reply

Your email address will not be published.