Mencermati Getaran Kemudi

KETIKA mobil meluncur di jalan bergelombang, acap kali lingkar kemudi (steering wheel) bergetar. Reaksi seperti itu wajar saja terjadi. Perhatian yang khusus baru kita berikan apabila getaran muncul di jalan mulus.

Bisa jadi penyebab utamanya berasal dari kondisi roda yang sudah tidak simetris. Getaran semacam itu dapat diatasi dengan menyeimbangkan (balancing) dan spooring. Getaran tersebut mungkin disebabkan oleh kanvas rem dan brake shoe yang berdebu atau terkena pelumas. Problem ini hanya dapat diatasi dengan cara pencucian.

Kemungkinan lain adalah bearing yang sudah aus. Kondisi ini agak sulit dideteksi. Tiada cara lain untuk mengatasinya kecuali diganti.

Kalau setelah balancing dan spooring, setir masih bergetar ketika pedal gas ditekan, bisa jadi ada masalah pada sistem rem. Di antaranya, piringan rem (disc-brake) yang sudah bergelombang. Sebaiknya, keadaan ini diatasi dengan mengganti piringan rem. Sebenarnya masalah ini bisa diatasi dengan cara dibubut, tetapi sangat berisiko untuk keselamatan. [Y-5]

Leave a Reply

Your email address will not be published.