Membersihkan Interior

Kebersihan interior mobil amat berkait dengan aroma yang bakal ditebarkan setiap saat. Ketika kabin dalam mobil tercemar kotoran, maka semerbak pewangi pun bisa berbau lain dari jenis aslinya. Seperti misalnya aroma tembakau bagi mobil interior berkulit, demikian terkotori dengan bekas tumpahan susu anak balita, maka wangi khas laki-laki itu pun berubah menjadi masam yang bikin tak nyaman.

Sengatan bau yang tak mudah hilang, biasanya juga datang dari karpet bagian bawah mobil yang basah. Apalagi bila ternyata pada lantai mobil terdapat lobang atau malah keropos, maka karpet akan selalu basah dan sulit dikeringkan. Bila itu yang terjadi bau apek dan aroma lembab susah diusir walau sejumlah pewangi diletakan diruang dalam mobil tersebut.

Maka, tak ada jalan lain untuk menyiasati kondisi tak menyenangkan ini, kecuali dengan jalan ‘membongkar’ interior mobil bersangkutan. Memang jasa salon bisa segara membuat kondisi dalam mobil Anda bersih dan wangi. Namun, karena harus meminta jasa pengangkatan jok dan karpet bawah mobil tersebut, maka tarifnya pun akan cukup tinggi.

Kegiatan membongkar seluruh komponen interior bawah mobil sebetulnya tak terlalu sukar untuk dikerjakan mandiri. Hanya memang diperlukan waktu agak panjang dan kesabaran serta ketelitian, apalabi bila Anda tak terbiasa melakukannya. Berikut langkah yang perlu dicermati bila Anda mencoba untuk membersihkan interior secara menyeluruh dengan mendiri.

Siapkan peralatan dan bahan pembersih
Peralatan utama yang harus tersedia antara lain, vacum cleaner dan sejumlah tool kits seperti obeng dan kunci pas. Selain itu sediakan pula senyawa pembersih karpet dan jok, lap kotor dan bersih serta kuas dan sikat plastik.

Ada baiknya sediakan pula kaleng bekas untuk menyimpan sementara mur, baut, dan sejumlah pernik-pernik yang hendak dilepaskan. Ini penting supaya memudahkan saat Anda hendak kembali memasang rangkaian interior yang dibongkar.

Lepas seluruh jok
Setelah mengangkat karpet kecil, segera bongkar jok mulai dari bagian depan. Sambil melepas mur-baut amati dan ingatlah letak mur-baut yang ada. Pencopotan jok belakang (sedan) biasanya lebih mudah karena umumnya dikemas dengan sistem tambatan (klem) tanpa mur-baut.

Setelah di luar mobil, bersihkan dengan cara menelentangkan jok sehingga seluruh permukaan mudah diraba. Bila jok tak terlalu banyak menyerap debu, pembersihkan cukup dengan menggunakan vacum cleaner sebelum kemudian lumasi senyawa kimia. Lakukan penyedotan debu berulang dan bila perlu terlebih dahulu permukaan jok di pukul-pukul merata untuk menerbangkan tumpukan debu.

Pembersihan dengan memanfaatkan senyawa kimia berbentuk foam harus dilakukan dalam cuaca terik namun tetap dilakukan di bawah atap sehingga permukaan jok mudah kering. Ini dilakukan setelah tumpukan debu di permukaan jok berhasil dibersihkan.

Periksa dan bersihkan karpet bawah
Setelah selesai dengan urusan jok, periksa dengan teliti kondisi hamparan karpet paling bawah mobil Anda. Bila terdapat flek bekas cairan, yakinkan itu berasal dari bagian permukaan atas. Kalau ternyata noda di karpet berasal dari bawah, kecurigaan harus segera ditujukan terjadinya keropos atau sedikitnya terdapat lobang pada lantai mobil bersangkutan.

Bila Anda dapati kondisi keseluruhan karpet utuh, pembersihan langsung dimulai dengan membersihkan rel jok bagian depan. Bersihkan dengan kuas dan bila perlu kencangkan baut yang ada. Setelah itu baru lakukan penyedotan permukaan karpet dengan vacum cleaner secara merata. Sikat plastik untuk membantu mengangkat debu karpet bawah, bisa digunakan dengan maksimal.

Setelah debu terangkat, kembali bersihkan karpet bawah dengan mengolesi senyawa kimia yang umumnya juga berbentuk foam. Bantuan sikat plastik biasanya akan lebih mengoptimalkan pembersihan permukaan karpet. Segera setelah itu usap permukaan karpet dengan lap bersih. Biarkan hingga karpet bawah benar-benar kering sebelum rangkaian jok kembali di pasang.

Lepas karpet bawah bila perlu
Sementara kalau mendapati karpet basah karena lantai mobil berlubang, maka kerja tambahan harus dilakukan. Lepaskan seluruh karpet dengan sebelumnya melepaskan sejumlah komponen yang mengikatnya. Lakukan pembersihan karpet di luar kabin. Sambil menunggu kering, barangkali upaya penutupan lubang harus segera dimulai, lakukan pengelasan kalau memang diperlukan.

Bila lubang terjadi karena lepas atau hilangnya karet kontrol, ganti dengan yang baru yang mudah dibeli pada sejumlah toko aksesori. Bila komponen tak bisa ditemukan di toko, lubang bisa ditutup dengan menggunakan aluminium foil. Sayang kegiatan ini tak bertahan lama. Sebagian orang akhirnya memutuskan untuk mengelas lubang kontrol yang kehilangan karet penutup ini.

Pasang kembali perlengkapan setelah bersih
Bila penambalan ataupun pembersihan karpet bawah selesai dilakukan, sebelum memasangkan semua perlengkapan yang dicobot, maka bersihkan interior lainnya secara merata. Ini diperlukan supaya tak terjadi pengulangan pembersihan seperti bila karpet terlanjur kembali di pasang.

Bila teliti dan lantai tak mengalami kebocoran, upaya membersihkan interior bagian bawah ini bisa dilakukan kurang dari empat jam, tergantung jenis mobilnya. Ada baiknya saat pemasangan mintalah bantuan orang lain. Ini perlu supaya karpet tetap terjaga kebersihannya dan kegiatan itu cepat selesai dikerjakan. n bid/berbagai sumber ( )

Leave a Reply

Your email address will not be published.