Mazda 5 Facelift Lebih Irit

Pasar otomotif di Tanah Air memiliki kecenderungan gampang bosan terhadap satu jenis produk mobil. Terbukti, tak sedikit dari pembeli mobil yang memiliki hobi memodifikasi kendaraannya. Padahal, kendaraan itu notabene masih produk gress.

Kecenderungan yang tumbuh di pasar otomotif di Indonesia menjadi salah satu pertimbangan pabrikan untuk selalu mengeluarkan inovasi. Termasuk di dalamnya, inovasi yang diterapkan bagi produk-produk yang belum lama diluncurkan. Inovasi semacam ini biasa disebut pabrikan otomotif sebagai produk facelift.

Itulah yang dilakukan Mazda Motor Corp, dengan meluncurkan produk hasil penyempurnaan Mazda 5, Kamis (19/6). Sejak kali pertama diluncurkan medio 2007 lalu, penampilan terbaru Seri 5 Mazda ini diharapkan mampu memperkuat posisinya di segmen multiactivity vehicle bagi kelas menengah.

“Penyempurnaan yang dilakukan pada Mazda 5 bukan sekadar makeup dari produk lawas. Terbukti ada sejumlah inovasi yang diterapkan dalam seri ini,” ujar Presiden Direktur PT Mazda Motor Indonesia (MMI), Yoshinori Nishihara.

Tampilan New Mazda 5 yang lebih dinamis serta interior disesuaikan dengan nuansa keseluruhan kendaraan. Itu sesuai dengan gimmick produk keluaran Mazda yakni membidik pasar pecinta otomotif berspirit Zoom Zoom.

Nishihara mengatakan, penyempurnaan ini disesuaikan dengan minat konsumen otomotif di Indonesia. Misalnya, ditambahkannya controller dan blower AC bagi penumpang pada baris ke dua. Sehingga, penumpang tetap nyaman meski duduk pada baris belakang.

Jika pendahulunya memiliki karakteristik perbandingan BBM 1:8, New Mazda 5 ini lebih irit lagi yakni dengan perbandingan 1:10 pada kecepatan rata-rata 60 km/jam.

Kesan perubahan paling signifikan adalah sentuhan pada interior dengan nuansa beige yang lebih cerah. Penyempurnaan juga tampak pada posisi tempat duduk dan kemudi yang bisa lebih disesuaikan dengan keinginan pengendara. Pengaturan posisi ini mampu menghasilkan jarak pandang optimal sehingga mengesankan nuansa berkendara lebih nyaman dan aman.

New Mazda 5 merupakan satu-satunya mobil yang menggunakan electric sliding door di kelasnya. Double electric sliding door ini bisa dibuka dengan remote control sehingga memudahkan proses pengoperasian dengan hanya menekan tombol yang ada di pintu.

Dua pintu yang ringan dapat memudahkan akses menuju ke barisan tengah dan belakang. penumpang di bagian belakang dapat dengan mudah menarik tuas guna mengaktifkan pintu elektrik. Kursi di bagian tengah juga bisa digeser ke arah depan secara terpisah guna mempermudah keluar masuknya penumpang di bagian belakang.

Selain itu, Karakuri seating system 6+1 yang dapat diatur sehingga nyaman saat membawa barang. Dengan sistem pengaturan kursi Karakuri ini, bagian tengah dan belakang yang bisa dilipat agar memberi ruang lapang secara maksimal. Kemudian penyesuaian Tilt and Reach untuk kolong stir.

Seri upgrade mesin 2.0 liter ini dikawinkan dengan Sequential Valve Timming (SV-T) serta pedal gas elektrik. Transmisi otomatis 5 kecepatan di dalamnya mampu memberikan performa kendaraan yang menuntut kelincahan serta respons secara cepat.

Mazda 5 hasil penyempurnaan ini dilengkapi fitur yang menjamin keamanan berkendara berupa sistem pengereman ABS dengan Electronic Brakeforce Distribution (EBD), enam airbag, serta sistem kerangka triple H atau disebut juga Mazda Advance Impact Distribution and Absorption System (MAIDAS).

Sistem airbag di New Mazda 5 ini terintegrasi dengan 2 airbag pada bagian pengemudi dan penumpang depan. Fitur keamanan juga dilengkapi 7 sabuk pengaman yang semuanya menggunakan sistem three point sehingga lebih aman.

Keseluruhan fitur keamanan ini terbukti mampu membuat Mazda 5 menggondol peringkat keamanan bintang lima dari Euro NCAP.

Adapun eksterior yang dihadirkan New Mazda 5 lebih bergaya dengan seluruh bagian diperkaya berbagai penyesuaian baik mulai dari bagian moncong hingga ke ujung. Desain baru lampu besar yang aerodinamis menawarkan pancaran sinar lebih terang tanpa meninggalkan kesan mewah. Sedangkan tampilan lampu belakang dilengkapi LED sehingga membuat pancaran sinarnya menjadi lebih jelas.

Warna terbaru yang disajikan untuk seri facelift ini adalah True Red dan Stormy Blue Mica. Sedangkan warna lainnya masih sama seperti seri pendahulunya yakni Galaxy Grey Mica, Sunlight Silver Metallic, Brilliant Black, serta Crystall White Pearl.

Produk yang diimport utuh (Completely Built Up/CBU) dari Jepang ini dilepas ke pasar Indonesia seharga Rp 301,5 juta (on the road).

Apakah tampilan anyar hasil penyempurnaan ini mampu memupus kebosanan pecinta otomotif? Kita buktikan saja nanti. [O1]

Leave a Reply

Your email address will not be published.