Lancer EX 2.0 GT, Tetap Segahar Evo X

JAKARTA – Sukses dengan tipe Lancer di Indonesia, ternyata membuat PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB) selaku Agen Tunggal Pemegang Merek (ATPM) Mitsubishi di dalam negeri memboyong Lancer EX 2.0 GT ke Tanah Air.

Lancer EX 2.0 GT merupakan penjelmaan lain dari Evolution X yang lebih dulu hadir di Indonesia dan dibawa langsung dari negeri asalnya Jepang. Bedanya, mesin EX tidak dilengkapi turbocharge, meski tetap memiliki kapasitas 2.000 cc 16 valves MIVEC. Walau demikian tenaganya jangan diragukan, EX sanggup menghasilkan 155 dk pada 6.000 rpm dengan torsi 199 Nm di 4.250 rpm.

“Moncong” khas Evo juga tetap dipertahankan, namun di EX tampil lebih manis dari “saudaranya”. Dengan panjang 4,5 meter dan lebar hampir 2 meter, mobil ini terlihat makin sporti dari generasi Lancer pendahulunya.

Demi merasakan kehebatan mesin EX, Mitsubishi menggunakan enam tingkat kecepatan yang diatur secara otomatik. Perpindahan antar giginya berjalan mulus dan tanpa hentakan. Apabila ingin akselerasi yang lebih spontan, pengemudi bisa berpindah ke sistem transmisi manual (triptonic) yang dapat dioperasikan melalui paddle shift yang ada di setir.

Untuk menjaga keselamatan pengendara, EX sudah dilengkapi rem cakram pada masing-masing roda yang juga sudah mengadopsi sistem ABS dan EBD. Di interiornya juga sudah menggunakan SRS dual airbag di depan dan RISE (Reinforced Impact Safety Evolution) Body yang mampu menyerap benturan saat terjadi kecelakaan.

Bila tak mampu menebus Evo X yang berharga Rp800 juta-an, rasanya mobil ini pantas diboyong kerumah, mengingat KTB cukup dihargai Rp335 juta.
(sindo//ton)

Leave a Reply

Your email address will not be published.