Kondisi Mesin Mobil Dilihat dari Knalpotnya

Cermati warna ujung knalpot, gas buang yang dihasilkan dan noda di knalpot.

Kondisi sebuah mesin mobil dapat dilihat dari keadaan knalpotnya. Mulai dari warna ujung knalpot, gas buang yang dihasilkan, dan noda apa saja yang terlihat di knalpot tersebut karena di situ menggambarkan kondisi pembakaran yang terjadi di mesin mobil tersebut. 1. Warna ujung knalpot hitam dan basah, bau gas buang seperti oli terbakar

Biasanya terjadi pada mobil yang usianya sudah tua. Hal itu diikuti oleh keadaan mesin dengan tekanan kompresi rendah. Penyebabnya ring piston yang aus sehingga oli dari ruang karter naik ke ruang pembakaran. Akibatnya mesin tidak enak, ngelitik dan boros oli dan bahan bakar. Namun warna kehitaman pada knalpot namun tidak basah juga menandakan kondisi mesin tidak beres.

2. Warna ujung knalpot abu-abu atau hitam, kalau pagi hari mengeluarkan air

Air yang keluar dari ujung knalpot adalah hasil kondensasi. Dalam keadaan dingin, akibat perbedaan tekanan, udara (H2O) memenuhi ruangan knalpot. Pagi hari begitu mesin dihidupkan tersembur air lewat knalpot. Hal ini tidak membahayakan mesin.

3. Bila ujung knalpot basah dan menetes sedikit cairan hitam (bukan air)

Bisa jadi karena mesin terlalu boros bensin atau oli. Tanda ini diikuti dengan tenaga mesin kurang, mesin berbunyi ngiklik disertai bau gas buang seperti oli terbakar. Dengan kondisi ini biasanya karena tekanan kompresi sudah rendah, sehingga oli dari ruang karter naik ke ruang bakar tetapi tidak bisa terbakar habis, karena oli ikut dalam campuran bensin dan udara, akibatnya mesin tidak enak, boros bensin, dan oli mesin.

4. Warna ujung knalpot hitam dan meneteskan oli

Ring piston dan piston sudah kocak sehingga oli ikut tertekan ke ruang bakar. Kompresinya mungkin tinggal 75%. Setiap 1.000 km harus menambah oli 35% dari ukuran full. Mobil seperti ini harus segera diperbaiki, kalau dibiarkan terus dapat merembet ke bagian lain, krus as rusak dan mempercepat ausnya sulingan (rocker arm shaft) dan bushing rocker arm. Jika dijalankan tenaga mesin terasa berkurang dan kasar. (oto.co.id/E-5)

Leave a Reply

Your email address will not be published.