Kenali Penyebab Mobil Mogok

Periksalah beberapa bagian mobil untuk mencegah mobil mogok di jalan.

Sering kali mobil mogok membuat orang panik. Apalagi jika letak bengkel jauh dari tempat kejadian.

Daripada senewen, cobalah untuk mengetahui penyebab mobil Anda mogok. Periksalah beberapa bagian mobil seperti bagian bahan bakar. Periksa bagian bahan bakar apakah aliran bensin ada yang mampat. Periksa juga apakah ternyata bensin bercampur dengan air atau minyak tanah.Lihat juga Platina atau CDI. Periksa apakah platina dalam keadaan kotor. Karena jika kotor akan berpengaruh pada mesin. Periksa apakah jarak renggangnya terlalu rapat yang ideal adalah 1-1,5 mm. Bila kerenggangannya tidak tepat, mesin akan cepat panas, setrum akan habis terbuang, sehingga mesin tidak bisa lagi dihidupkan dalam keadaan panas.

Periksa juga karburator, apakah karburator dalam keadaan kotor. Periksa juga apakah setelan pada pelampungnya dalam keadaan tepat. Karena jika tidak, maka mesin tidak dapat dihidupkan lagi akibat terlalu banyak bensin.

Kemudian bagian coil ignition, periksa apakah koil dalam keadaan panas. Karena bila koil panas, mesin tidak mau hidup atau bisa juga mati mendadak.

Penyebab mesin tidak mau dihidupkan bisa juga karena aliran setrum dari aki terisap habis oleh koil dan tidak diteruskan ke busi. Koil yang demikian harus diganti dengan yang baru.

Selanjutnya, kondensator. Bila kondensator rusak, tanda-tandanya sering terjadi ledakan pada knalpot. Tanda yang lain sewaktu mesin digas akan tersendat-sendat.

Kondensator yang rusak biasanya disertai dengan platina yang kotor.

Kemudian busi, periksa apakah busi dalam keadaan baik. Periksa juga jarak ujung busi, yang ideal adalah 1-1,5 mm. Juga, aki. Periksa apakah aki ada aliran listriknya, periksa juga sekering nya karena aki terhubung dengan sekering. (oto.co.id/E-5)

Leave a Reply

Your email address will not be published.