Mengurangi Pencemaran Udara

PERHATIKAN dan rawat mobil dengan seksama untuk mengurangi pencemaran gas buang. Industri otomotif yang kian berkembang pesat saat ini secara tidak langsung sangat berpotensi menyumbang pencemaran udara, terutama di kota-kota besar.

Namun hal itu dapat dikurangi dengan meningkatkan kesadaran pemilik mobil untuk memperhatikan dan merawat mobilnya sehingga dapat mengurangi pencemaran udara yang diakibatkan dari gas buang kendaraan. Untuk itu, perhatikan bahan bakar yang Anda gunakan pada mobil Anda dengan cara, hindari konsumsi bahan bakar bertimbel atau mengandung timah hitam. Ada baiknya menggunakan bahan bakar yang beroktan tinggi.Kemudian, lakukan perawatan mesin mobil Anda dengan melakukan servis standar pada mobil Anda secara teratur. Jika memang ada yang perlu diganti seperti filter udara dan saringan bahan bakar ganti dengan yang baru.

Cek sistem pengapian, ban, selang, dan termostat, setel katup dan timming, cek dan perbaiki nozzle. Ruang pembakaran harus bersih dari arang sisa pembakaran. Sistem pengapian harus benar dengan campuran bahan bakar dan udara yang tepat. Bila pembakaran tidak sempurna itu berarti kandungan CO pada gas buang akan meningkat.

Selanjutnya, jaga kebersihan saluran udara. Debu dan kotoran di sekeliling saluran udara akan menyumbat saluran udara menyebabkan konsumsi bahan bakar lebih tinggi. Lakukan tune-up secara teratur minimal sesuai buku manual kendaraan. (oto.co.id/E-5)

Leave a Reply

Your email address will not be published.