Kia Soul, Muda dan Gaya

Kia meramaikan pasar hatchback dengan memperkenalkan Kia Soul di Inggris Selasa (2/9). Kia Soul akan resmi diluncurkan pada Paris Motor Show 2 Oktober mendatang.

Kia Soul memiliki panjang 1.610 mm dan tinggi kurang 5 mm dari Nissan Qashqai crossover. Mobil kecil ini juga memiliki kelebihan pada ruang kabin yang lebih besar bahkan mengalahkan beberapa mobil yang kelasnya di atas Kia Soul.

Chief Designer KIA Eropa Gregory Guillaume mengungkapakan bahwa KIA Soul adalah sebuah kejutan dan gaya hidup (surprise and style). “Pintu-pintunya lebih tinggi dan high mounted seats sehingga membuat akses penumpang dan pengendara semakin lebih mudah keluar masuk. Begitu juga dengan desain interior yang memudahkan udara keluar masuk sehingga membuat penumpang dan pengendara merasa nyaman,” ujarnya.

Desain interior dan eksterior yang cukup berbeda menjadi nilai jual lebih dari Kia Soul yang menargetkan konsumen muda sebagai pengguna hatchback ini. Kia Soul tersedia dengan uprated versios 1.6 liter diesel dan varian bensin yang saat ini masih digunakan di model Kia Cee’d, keduanya disiapkan untuk menghasilkan tenaga 124 bhp.

Kia Soul yang namanya sama dengan nama varian motor Yamaha di tanah air ini tidak dijual di pasar dalam tiga model seperti versi konsep. Namun Kia menawarkan mobil yang mungkin mendunia ini dalam bentuk pilihan tambahan sesuai keinginan konsumen. Seperti diketahui, konsep Soul memiliki tiga warna Tomato Red, Vanilla Shake dan Bright Silver. Sedangkan paket tambahan yang disediakan dealer untuk tampilan mobil yang lebih muda masih belum diumumkan.

Kia Soul merupakan model baru yang akan masuk ke pasar Korea yang keluar dari pakem konvensional gaya negeri gingseng tersebut. Pasalnya, konsep asli Soul didesain oleh studio desain pabrik California-Korea dimana mobil-mobil konsep yang dipamerkan di Geneva Show adalah buatan Kia Eropa.

Sampai saat ini Kia belum mengumumkan harga yang pasti. Akan tetapi Kia Soul yang mulai dipasarkan pada bulan maret 2009 mendatang ini diperkirakan tidak lebih dari 12 ribu poundsterling di Inggris. Belum ada kabar apa Kia Soul akan masuk Indonesia. Mau nunggu? [O1]

Leave a Reply

Your email address will not be published.