Welcome Nissan X-Trail Diesel!

Tokyo – Nissan Motor Co., Ltd., Kamis (4/9), mengumumkan peluncuran varian X-Trail terbaru yang menggendong dapur pacu peminum solar.

Varian anyar bermesin diesel yang diklaim ramah lingkungan ini bernama X-TRAIL 20GT, yang akan dilepas ke pasar pada 18 September mendatang di seluruh dunia.

X-TRAIL 20GT ini telah memenuhi standar emisi Jepang yang ketat, ‘Post New Long-term Regulations’, kendaraan pertama di dunia yang memenuhi standar ini.

Selain ramah lingkungan, X-TRAIL 20GT juga sangat irit bahan bakar karena untuk satu liter solar cukup untuk menempuh jarak 15,2 km, atau lebih irit 30% ketimbang versi mesin bensin 2.500cc meski tenaga yang dihasilkan sama.

Secara operasional, mesin diesel berkode ‘M9R’ yang dicangkokkan pada X-TRAIL 20GT, jelas lebih ekonomis karena perbedaan harga antara bensin dan solar cukup signifikan.

Meski bermesin diesel dengan kapasitas yang lebih kecil dari mesin bensin yang 2.500cc, tapi jangan dikira mobil peneggak solar ini kalah tenaga dibanding saudaranya yang mengkonsumsi bensin.

Mesin 2.0 liter M9R memiliki tenaga setara dengan mesin bensin v6 3.500cc, yang mampu membangkitkan tenaga maksimum 127kW(173PS)/3750rpm dan torsi maksimum 360N・m(36.7kgf・m)/2000rpm.

Mesin M9R ini menghasilkan torsi tinggi di putaran mesin rendah dan memberikan performa yang ‘galak’ di berbagai kondisi pengemudian.

Tapi yang paling menarik, selain lebih irit, mesin M9R ini menghasilkan kadar CO2 lebih rendah dibandingkan dengan mesin V6 5.500cc.

Juga jangan membayangkan akan mendengar suara bising mesin diesel di dalam kabin X-TRAIL 20GT, karena mesin canggih ini mengeluarkan suara begitu lembut dan hening serta bebas getaran untuk mesin peminum solar.

Lalu apa rahasia mesin M9R ini begitu halus nyaris tanpa getaran? Rahasianya adalah sejumlah teknologi anyar yang mampu mengurangi emisi, suara bising dan getaran.

Sejumlah teknologi pengurang emisi itu adalah Common rail system, EGR cooler, Diesel particulate filter (DPF), Lean NOx Trap catalysts (LNT) dan Double swirl port.

Sementara peranti penghilang getaran dan bising meliputi Piezo injector, Balancer shaft, Highly Rigid Chassis, Highly Rigid Engine Mount Brackets, dan Sound insulation glass.

Selain bergaya, X-TRAIL 20GT juga menawarkan pengendalian dan pengemudian yang mantap.

Dari sisi depan, perbedaan mencolok adalah desain gril yang mengalami desain ulang yang mengacu pada X-TRAIL versi Eropa.

Asyiknya lagi, X-TRAIL 20GT sudah dilabur cat anti baret, yang ditawarkan dalam enam warna. Uniknya, cat ini dapat memperbaiki sendiri goresan kecil pada permukaan pelapis cat.

Melongok interior, kemewahan begitu terasa dengan sejumlah fitur baru, termasuk step lamp dan Intelligent Key.

Untuk transmisi, Nissan memberikan pilihan untuk X-TRAIL 20GT ini, yaitu ALL MODE 4x4i dan manual 5 percepatan. Jadi bagi yang ngebet ingin mencicipi performa SUV kondang ini, tunggu dua pekan lagi.[L2]

Leave a Reply

Your email address will not be published.