Jika Mobil Bergetar Saat Pengereman

Seorang pemilik kendaraan, sebut saja Nurdin, mengeluhkan kondisi mobilnya yang bergetar saat kendaraan direm usai dipacu pada kecepatan 100 km per jam atau lebih. Padahal Ia mengaku rajin melakukan tune up mobilnya di bengkel resmi.

Menurut mekanik senior Astra Isuzu Bogor, Asep Saifullah, kemungkinan besar rem mobil milik Nurdin bermasalah. Untuk mengetahui rem mana yang bermasalah bisa diketahui dengan cara memastikan bagian mana yang bergetar saat di rem. Jika setir yang bergetar, biasanya rem depan yang bermasalah. Pada umumnya hal ini disebabkan karena piringan rem yang sudah tidak rata.

Ada dua pilihan untuk mengatasi masalah tersebut, ujar Asep. Piringan rem (rotor disc) dibubut atau diganti baru. Namun sebelumnya periksa dulu kondisi brake pad karena bisa saja sudah aus sehingga rotor disc langsung bersinggungan dengan besi dudukan atau alas brake pad. Akibatnya rotor disc pun mengalami panas berlebihan.

Rem bergetar juga bisa diakibatkan seringnya mengalami pengereman mendadak di saat mobil melaju pada kecepatan tinggi. Karena hal itu menyebabkan rotor disc mengalami panas yang tinggi.

Pada kendaraan bertransmisi otomatis biasanya terjadi karena pengendara hanya mengandalkan rem di saat mobil melaju di jalan menurun. Dalam kondisi seperti seharusnya menggunakan teknik engine brake dengan menempatkan tuas persnelling di posisi khusus jalanan menurun. Dalam kondisi menurun biasanya pengendara akan mudah menginjak rem terutama karena kaget.

Sementara itu jika bodi mobil yang bergetar saat di rem, patut dicurigai ada masalah pada rem belakang. Penyebabnya kurang lebih sama yakni akibat rotor disc atau drum brake mengalami panas berlebih. Kadang penyebabknya adalah rem tangan yang lupa diturunkan, sehingga sepanjang jalan dalam keadaan seperti setengah rem. Kemungkinan penyebab lainnya adalah terjadi penyumbatan pada selang minyak rem belakang, sehingga minyak rem sulit kembali saat pedam rem dilepas. Penanganannya tidak jauh berbeda dari masalah pertama. Disarankan untuk mengganti brake pads atau brake shoe jika memang kondisinya sudah jelek. [L-11]

Leave a Reply

Your email address will not be published.