Mengakali “Central Lock” yang Macet

Keberadaan central lock pada mobil saat ini sepertinya sudah menjadi keharusan. Pemasangan central lock memudahkan pengemudi untuk mengunci dan membuka pintu. Apalagi jika terdapat anak kecil di dalam mobil.

Namun adakalanya fasilitas penting itu mendadak macet dan justru malah merepotkan. Kondisi itu biasanya terjadi karena kabel penghubung putus atau rusaknya motor pengunci. Anda tak perlu terburu-buru membawa mobil Anda ke bengkel atau malah bersikap panik.

Kondisi tersebut bisa diakali dengan cara berikut pertama-tama membuka panel pintu (door trim) terlebih dahulu. Selanjutnya kendurkan dan lepas baut pemegang motor central lock. Lalu lepas motor dari dudukan dan setang pengunci. Periksalah kabel hubungan dengan tespen, untuk memastikan apakah arus masih mengalir ke motor.

Selanjutnya sambungkan motor langsung ke aki untuk mengecek apakah motor pengunci berfungsi dengan baik. Bila terdengar bunyi yang normal, berarti tidak ada masalah. Motor tidak berfungsi sempurna jika ada gigi penggerak motor yang aus atau patah. Untuk mengeceknya bongkarlah motor pengunci dengan bor listrik.

Lihat keadaan gigi penggerak baik pada motor maupun batangnya. Bila keausan belum parah, kikir gigi penggerak untuk mengembalikan ke bentuk semula. Bila gigi penggerak sudah parah alias patah, ubah gigi penggerak dengan mengubah ketebalan karet pengganjalan. Agar langkah batang tak sampai menyentuh gigi yang aus atau yang patah tadi.

Setelah itu rakitlah kembali motor pengunci dan periksa apakah sudah bekerja dengan sempurna. Pasang motor pengunci pada pintu. Setel posisi motor sampai gerakannya sempurna sebelum mengencangkan baut pemegang. Periksa kondisi setang penghubung, pastikan tak ada yang bengkok dan bisa bekerja dengan baik. Yang terakhir pasang kembali panel pintu. [L-11]

Leave a Reply

Your email address will not be published.