Honda Menjual Mobil Masa Depan

(HMC)

Dua tahun lalu, Juli 2006 saat berlangsung Indonesia International Motor Show, mobil beremisi nol Honda FCX fuel cell dipamerkan ke depan publik Jakarta. Kini, mobil yang diberi nama Honda FCX Clarity itu sudah diproduksi secara massal.

Mobil hijau ini, menurut Honda Motor Co (HMC) akan dijual ke pasaran dalam jumlah terbatas pada bulan Juli di California, Amerika Serikat dan di Jepang menjelang akhir tahun ini.

HMC mengatakan bahwa pihaknya bisa saja menjual puluhan unit FCX Clarity dalam setahun dan bisa menjual sekitar 200 unit dalam jangka waktu tiga tahun.

Namun yang masih menjadi kendala penjualan FCX Clarity adalah harganya yang masih mahal dan kurangnya infrastruktur pengisian bahan bakar hidrogen fuel cell.

Honda FCX Clarity yang mengandalkan hydrogen sebagai penggerak mesin ini terbilang hemat dengan tangki bahan bakar bermuatan 5000-psi bisa menempuh jarak 270 mil.

Dengan output 100 kW dan torsi 256 Nm/189 lb.ft, HMC mengklaim FCX Clarity mempunyai tingkat efisiensi dua kali lipat dari mobil hibrid listrik dan tiga kali lebih efisien dari mobil biasa yang menggunakan bahan bakar minyak.

Penggerak tenaga FCX Clarity pada kamar pacu Honda V Flow stack mengkombinasikan pak baterai lithium ion dan storage tank hidrogen untuk memberi kekuatan pada penggerak motor elektrik. Disebutkan bahwa ruang motor akan bekerja dalam performa terbaik ketika sumber tenaga menyediakan 100 kilowatt tenaga untuk tahap akselerasi menengah ke atas.

Bermodal air dan baterai lithium, varian kendaraan jenis sedan empat pintu FCX Clarity akan menghasilkan kecepatan maksimal 100 mph dengan daya tahan temperatur sampai 22 derajat fahrenheit.

Tenaga tambahan juga akan didapatkan sebagai alternatif dari energi kinetik berasal dari pengereman atau pengurangan akselerasi dikenal sebagai regenerative braking. Disimpan bersama energi surplus dari bahan bakar di baterai pack lithium ion dan akan digunakan sebagai cadangan ketika dibutuhkan.

Emisi yang dikeluarkan oleh kendaraan bersahabat-zero-emisions-ini hanyalah hydrogen atau air. Adapun CO2 yang dikeluarkan dari mobil ini hanya berasal dari kegiatan proses hydrogen menjadi tenaga listrik dimana karbon dioksida dihasilkan dari gas natural bukan dari bahan kimiawi berbahaya (petrol) dengan jumlah yang jauh dari CO2 dihasilkan mesin konvensional.

Tidak hanya emisi-nol yang diunggulkan, dari segi tampilan jenis sedan Clarity empat pintu ini juga melambangkan disain masa depan Honda dengan porsi hidung yang lebih rendah dan ruang kabin yang luas cukup untuk keluarga dan barang bawaan. Dan menjaga tema yang diusung, Honda juga melapisi interior bangku dan pintu menggunakan bahan berbasis tanaman yang anti melar dan panas matahari dengan daya tahan luar biasa dari Honda Bio-Fabric-development.

Teknologi navigasi untuk melacak lokasi “Pom hydrogen” terdekat, Adaptive Cruise Control (ACC), Collision Mitigation Brake System (CMBS), premium sound system dan juga Bluetooth menjadi fitur standar.

Selain menampilkan pengembangan terdepan dalam teknologi fuel cell, Honda FCX juga membawa terobosan dalam fitur sebuah kendaraan. Mobil ini dilengkapi dengan sensor biometric dan kamera pintar yang dapat mengenali profil pengemudi dan secara otomatis menyesuaikan berbagai fungsi kendaraan sesuai dengan posisi optimal pengemudi.

Pada waktu pengemudi mendekati kendaraan, secara otomatis kunci pintu mobil akan terbuka. Sistem komputer juga akan menyetel posisi setir, pedal gas, dan panel instrumen sesuai dengan posisi optimal pengemudi.

Hebatnya lagi, panel instrumen secara otomatis akan bergerak naik dan turun dalam sudut 45 derajat untuk menyesuaikan dengan kecepatan kendaraan. Sistem sensor yang diinstal di panel instrumen mampu menangkap arah penglihatan pengemudi ke berbagai ikon menu, memungkinkan pengemudi mengatur fungsi audio, AC, dan lain-lain secara hands-free. [Dari berbagai sumber] — Baca Oto Tes: Merasakan Mobil Nol Emisi

Leave a Reply

Your email address will not be published.