Artega Saingan Porsche

(jalopnik.com)

Produsen mobil asal Jerman, Artega kini serius membuat mobil sport untuk menandingi Porsche Cayman. Perusahaan ini telah mengkonfirmasi bahwa pihaknya mulai membuat mobil sport pada awal tahun depan dengan menggandeng sebuah perusahaan perakitan asal Inggris.

Artega yang menggandeng perusahaan komponen Paragon ini dipimpin mantan teknisi BMW Karl-Heinz Kalbfell. Sementara itu, untuk penyelesaian dari mobil tersebut nantinya akan dilakukan di pabrik baru di Westphalian City, Delbruck.

Produksi mobil Artega yang mulai dibangun musim panas ini rata-rata dua mobil per hari dengan target perhitungan 20 per minggu selama dua tahun.

Karl Heinz-Kalbfell mengatakan Artega ingin tetap menjadi produsen mobil yang eksklusif dengan hanya membuat mobil tidak lebih dari 1.000 mobil tiap tahunnya.

Artega yang semua produknya di desain oleh mantan kepala desainaer Aston Martin Henrik Fisker, sudah meluncurkan produk coupe-nya di Jenewa Motor Show 2007 silam. Akan tetapi Artega juga akan membuat versi convertible.

Chasis mobil ini terbuat dari alumunium dengan frame suplemen dari baja kuat agar bisa mendukung body mobil yang terbuat dari carbon fiber.

Mobil ini mempunyai mesin 3.6 liter V6 dengan transmisi enam percepatan 300bhp, kopling ganda, dan twin-clutch.

Karl Heinz Kalbfell mengklaim mobil ini sama seperti mobil sport lainnya. “Artega sport ini akan sangat eye-catching.”

Mobil yang mempunyai kecepatan maksimum 170mph ( 273,5 km per jam) ini hanya membutuhkan waktu dibawah lima detik untuk mencapai kecepatan 62mph (100 km/jam).

Kauntungan lainnya yang dimiliki oleh mobil ini adalah ukurannya yang panjang, yaitu 4,01 meter. Untuk interiornya di desain lebih luas dibandingkan dengan rivalnya Porsche Cayman agar memberikan kenyamanan yang lebih bagi pengendaranya. Dengan tinggi hanya 1,18 meter ini menjadikannya mobil coupe SUV yang paling rendah. [O1]

Augusta /Nanang – inilah.com

Leave a Reply

Your email address will not be published.