Hadapi Banjir, Apa yang Perlu Diperiksa?

Berikut ini yang perlu Anda siapkan dan periksa di mobil Anda di samping pemeriksaan rutin lainnya :

Di musim hujan, kendaraan yang Anda gunakan sehari-hari perlu dilakukan pemeriksaan untuk persiapan. Apalagi jika terjadi banjir dapat menyebabkan mogok ketika mobil melintasinya. Paling tidak, Anda sudah berusaha.

Berikut ini yang perlu Anda siapkan dan periksa di mobil Anda di samping pemeriksaan rutin lainnya :

* Apakah sekat-sekat air masih berfungsi dengan baik ? Jika ada yang rusak, gantilah karet-karet yang sudah robek.
* Pada tutup distributor ada karet skat air, perhatikan karet tersebut apakah masih berfungsi dengan baik. Jika bagian ini terkena air, walaupun sedikit saja akan membuat mobil mogok karena mengacaukan pembagian api ke busi.
* Periksa pula apakah wiper masih berfungsi dengan baik. Gantilah jika memang sudah rusak. Pilih karet wiper yang berkualitas, keselamatan lebih penting bukan ?
* Bawalah lap-lap kering untuk mengantisipasi jika Anda mogok di jalan.
* Jangan lupa cek peralatan / tool kit yang sewaktu-waktu Anda perlukan dalam keadaan darurat jika mogok di jalan.
* Pastikan semua lampu berfungsi dengan baik, ini perlu untuk membantu penerangan dalam perjalanan menerjang hujan.
* Periksa sistem pengereman, karena rem harus berfungsi dengan baik di jalanan yang licin.
* Perhatikan pula kondisi ban terutama tekanan angin, ketebalan ban sudah aus atau belum. Untuk berhujan-hujan sebaiknya gunakan ban basah. Karena ban basah mempunyai kemampuan membuang air lebih cepat dan baik.
* Periksa sistem kelistrikan. Ganti kabel-kabel yang terkelupas, getas atau retak-retak. Perhatikan kabel lampu, kabel pengapian seperti kabel tegangan rendah ke koil dan kabel tegangan tinggi ke busi.
* Kabel busi harus terpasang erat dengan kepala businya. Kalau terkena air, ini akan menyebabkan tersendat-sendat bahkan mogok.
* Lindungi koil pengapian dengan selubung plastik. Komponen ini tidak boleh basah oleh air. Karena dapat menyebabkan mogok juga.
* Periksa juga bagian tutup distributor. Pastikan bagian dalamnya selalu kering. Celah dan tutup rumah distributor harus tertutup rapat.

Jangan lupa, jika masih bisa menghindari banjir lebih baik mengambil jalan lain.
Disajikan Oleh : www.oto.co.id

Leave a Reply

Your email address will not be published.