Awas Mobil Tersedak Banjir

Air banjir yang tersedot kedalam saringan udara dapat mengakibatkan mesin tersedak atau pecah mesin

Bagi Anda yang melalui jalan yang selalu tergenang banjir saat musim hujan harus berusaha sedapat mungkin menghindari bertemu jalanan yang tergenang air.

Mengapa ? Karena air banjir yang tersedot kedalam saringan udara dapat mengakibatkan mesin tersedak atau pecah mesin karena cairan air tidak dapat dikompresikan / dimampatkan.

Berikut ini penyebabnya :

* Pada kondisi mesin bekerja normal : piston akan menghisap dan dikompresikan / dimampatkan campuran bensin dan atau udara dalam bentuk gas. Selanjutnya gas tersebut terbakar / dibakar api busi sehingga dapat menghasilkan tenaga.
* Pada kondisi mesin tersedak air : piston akan menghisap air lalu dikompresikan / dimampatkan karena sifat dari cairan yang tidak dapat mengkerut seperti halnya gas, piston akan tertahan / macet, karena mesin masih berputar maka batang pistonnya akan patah dan membentur dinding mesin, akibatnya mesin pecah

Cara menghindarinya :

* Jangan menerjang banjir bila tinggi air mencapai setinggi lubang saluran udara mesin ( saluran yang menuju saringan udara ). Perlu diperhatikan juga bila tinggi air tidak setinggi itu, tetapi gelombang airnya mencapai saluran udara, bisa juga tersedot kedalam mesin.
* Ingat tinggi saluran udara berbeda untuk tiap jenis mobil. Sebagai patokan umum : Mobil Sedan tinggi saluran udaranya setengahnya bumper depan / setengah roda. Jenis mobil truck / jeep tinggi saluran udaranya setinggi bumper depan bagian atas / setinggi roda.

Leave a Reply

Your email address will not be published.