California, Ferrari Super Mewah

Ferrari menambah jajaran sportscarnya dengan meluncurkan New Ferrari California. Dengan dibekali mesin V8 “mounted”, Ferrari mengklaim berada di posisi “mid front”.

Mengandalkan mesin yang berada di belakang sumbu roda depan untuk mendistribusikan semburan tenaganya ke roda belakang melalui transmisi manual double kopling tujuh percepatan.

Bodynya dibuat dari alumunium dengan atap hard top yang hanya butuh waktu 14 detik saja untuk membuka atau menutupnya. Kecepatan melipat atap ini mengalahkan atap lipat Pontiac G6 atau VW Eos yang memerlukan waktu sekitar 30 detik.

Hebatnya lagi, ruang kargo California lebih besar yaitu 9,2 kubik kaki. Lapangnya kargo California ini mengalahkan ruang bagasi Volvo C70 yang berukuran 3,2 kubik kaki. Selain itu, jika atapnya dikembalikan ke posisi semula, maka bagasi California menjadi 12,7 kubik kaki dan menjadikan model ini sebagai mobil Ferrari dengan kapasitas bagasi paling besar.

Tenaga Ferrari California berasal dari dapur pacu 4.3 liter V8 dengan label paten perusahaan flat-plane crankshaft. Ferrari mengklaim mesin ini mampu menyemburkan 453bhp dan hanya membutuhkan waktu 4 detik untuk akselerasi 0-100 km per jam.

California menghabiskan rata-rata 1 galon (4 liter) untuk jarak 32km jika dikendarai di jalan raya dan jalan bebas hambatan. Mesin ini juga termasuk mesin paling ramah lingkungan dengan catatan emisi CO2 hanya 310g per km.

Beberapa penghargaan lingkungan pun sudah diraih California. Mobil produksi Monza Italia ini, memiliki rem cakram keramik sebagai standard, dan sistem kontrol traksi yang dikembangkan pada F430 milik jet darat F1 Ferrari. Mobil berlambang kuda jingkrak ini secara resmi akan di pamerkan di Paris motor show.

Hingga artikel ini diturunkan belum ada konfirmasi mengenai harga andalan baru Ferrari ini. Sumber di Ferrari mengindikasikan bahwa California tidak akan jauh berbeda dengan harga dasar F430 yang akan diluncurkan akhir tahun ini. [O1]

Leave a Reply

Your email address will not be published.