Berkendara Lebih Efisien dengan Indikator ECO

Indikator ECOSaat ini produsen maupun konsumen mobil melakukan berbagai cara untuk menghemat penggunaan bahan bakar. Produsen berupaya untuk terus memproduksi mobil-mobil dengan performa mesin yang luar biasa namun tetap efisien dalam penggunaan bahan bakar. Salah satu caranya dengan menambahkan indikator ECO pada bagian dashboard mobil. Indikator ini berfungsi untuk menginformasikan kepada pengemudi bahwa pengendaraan dalam tingkat efisien. Apabila indikator tersebut menyala, menunjukkan tingkat pengendaraan yang efesien atau mesin bekerja pada kondisi yang efisien sehingga penggunaan bahan bakar lebih hemat.

Letak indikator ECO berada di meter kombinasi bersama dengan indikator lainnya seperti indikator oli, baterai, dan rem tangan (hand brake). Lampu indikator ECO identik dengan warna hijau dan tertera teks ECO. Ada beberapa kriteria ekonomis yang bisa membuat lampu indikator ECO tersebut menyala, diantaranya:
1. tidak menginjak gas dengan mendadak atau akselerasi dengan cepat
2. menjaga kecepatan kendaraan pada kecepatan konstan
3. membatasi memacu kendaraan pada kecepatan tinggi, karena mengendarai dengan kecepatan tinggi termasuk pengendaraan yang tidak efesien Apabila dari salah satu kondisi di atas tidak terpenuhi , lampu indikator ECO akan otomatis mati. Karena sistem komputer mobil (ECU) mengidentifikasikan bahwa bahwa pengendaraan mobil tidak efesien.

Setiap produsen yang memproduksi mobil dengan indikator ECO bertujuan menghasilkan mobil yang hemat bahan bakar. Penghematan dalam penggunaan bahan bakar tidak hanya menguntungkan konsumen yang menggunakan mobilnya. Produsen mobil juga berpartisipasi menjaga agar pengunaan bahan bakar dunia yang jumlahnya makin berkurang tetap efisien, dengan menghasilkan mobil yang hemat bahan bakar dan ramah lingkungan.

Sumber: Aspira

Leave a Reply

Your email address will not be published.