Hemat BBM = Emisi Berkurang

Hemat BBM - Emisi BerkurangKenaikan harga Bahan Bakar Minyak (BBM) bersubsidi sepertinya tak akan terelakkan. Tentunya dengan kenaikan harga BBM, biaya yang harus Anda keluarkan untuk membeli BBM juga akan semakin tinggi. Untuk mengurangi biaya yang dikeluarkan untuk membeli BBM, sudah tentu Anda harus melakukan penghematan BBM.

Sudahkah Anda tahu bahwa dengan menghemat BBM, Anda juga berperan dalam mengurangi emisi atau gas buang kendaraan? Berkurangnya emisi kendaraan pada akhirnya akan membantu mengurangi polusi udara dan menjaga kelestarian lingkungan.

Dibawah ini beberapa tips yang Anda dapat lakukan untuk menghemat BBM sekaligus mengurangi emisi kendaraan yang Anda gunakan.

1. Jangan terlalu lama memanaskan mesin.
Saat ini teknologi mesin sudah berkembang sehingga mesin tidak membutuhkan waktu lama untuk mencapai temperatur kerja. Memanaskan mesin terlalu lama hanya memboroskan bahan bakar dan menghasilkan emisi yang besar.

2. Tekan pedal gas dengan perlahan.
Menekan pedal gas secara perlahan dan lembut membuat sistem komputer mesin mobil memerintahkan injeksi bahan bakar secara normal. Sedangkan jika Anda menginjak pedal secara cepat, sistem komputer mesin mobil memerintahkan injeksi bahan bakar lebih banyak sehingga konsumsi BBM lebih boros dan emisi akan meningkat.

3. Pindah gigi percepatan lebih cepat.
Jika Anda mengendarai mobil bertransmisi manual dan melaju pada jalan yang rata, lakukan perpindahan gigi transmisi lebih cepat pada RPM 2000 atau 2500. Untuk mobil matik cukup lakukan poin ke-2 dan gunakan “Creep Effect” saat kondisi jalan macet. Menggunakan RPM rendah tentunya akan lebih sedikit mengkonsumsi bahan bakar.

4. Kecepatan konstan.
Saat berkendara usahakan selalu dalam kecepatan konstan. Jika memungkinkan lakukan dengan gigi tertinggi dan RPM rendah.

5. Matikan Mesin
Lebih baik matikan mesin ketika mobil berhenti lama karena macet, lampu lalu lintas berwarna merah, parkir, menunggu atau menurunkan penumpang. Saat mesin mati, tidak terjadi konsumsi BBM dan mobil pun tidak akan mengeluarkan emisi.

Yang perlu diperhatikan adalah tips tersebut di atas dapat diabaikan jika menyangkut faktor keselamatan seperti saat mobil Anda harus mendahului kendaraan lainnya atau saat medan yang dilalui menanjak.

Anda mempunyai tips lainnya? Silahkan berbagi kepada kami dan pengendara lainnya.

Sumber: Aspira

Leave a Reply

Your email address will not be published.