Tips Berkendara Hemat BBM

Tips Berkendara Hemat BBMHarga BBM yang seringkali naik, dan keberadaan BBM semua jenis akhir-akhir ini juga sering mengalami kelangkaan. Untuk mengatasi langkanya BBM diperlukan kejelian untuk menghemat penggunaan kendaraan bermotor.

Dan juga guna mewujudkan penurunan pencemaran udara dari emisi gas buang kendaraan bermotor, pemerintah melalui Kementerian Lingkungan Hidup berkomitmen untuk menurunkan sebesar 26% pada 2020.

Beberapa tips mengefektifkan penggunaan BBM:
– Perilaku berkendara: Selalu menjaga sistem kemudi kendaraan, sistem kopling, sistem pengereman, dan sistem suspensi. Menjaga putaran mesin tetap rendah, hindari akselerasi dan pengereman berlebihan, gunakan pengereman dengan mesin

– Persiapan sebelum mengemudi: Jaga kondisi mobil tetap prima, periksa tekanan udara ban harus normal, matikan AC jika tidak diperlukan, gunakan bahan bakar yang direkomendasikan sesuai dengan mesin mobil yang dikendarai.

– Eco driving sudah mencakup safety driving. Tidak harus mengendarai pelan untuk menghemat bahan bakar, melaju kencang jika prosedur mengemudinya baik bisa menghemat bahan bakar (lebih efisien), pula.

– Eco driving bisa hemat bahan bakar minimal 10%, ramah lingkungan, selamat dan nyaman.

Perkembangan teknologi mesin yang ramah lingkungan pun menjadi salah satu kontribusi untuk mengurangi pengeluaran emisi. Salah satunya adalah teknologi fuel injection system. Sistem fuel injection mampu meminimalisir emisi gas buang kendaraan bermotor.
( RED / CN34 )

Sumber: Suara Merdeka

Leave a Reply

Your email address will not be published.