Tip Mencuci Mobil di Musim Hujan

MEMASUKI musim hujan, karat merupakan ancaman bagi setiap pemilik mobil. Bukannya apa-apa, karat merupakan reaksi oksidasi pada permukaan logam yang lembab terlebih lagi basah. Sementara, pada musim hujan tentu mobil akan sering terguyur air dan kondisi udara di sekitarnya tentu menjadi lembab.

Mencuci kendaraan pun ada caranya dan tidak asal basah kemudian di lap. Karena, percuma saja di cuci jika ada yang terlewatkan pada saat pengeringan.

Langkah mencucinya, pertama siram semua badan mobil mulai dari bagian atas, jendela, bagian kaca, kap mesin, dan bemper. Semburan air tidak perlu kencang agar tidak merusak pelindung karet seperti di jendela.

Setelah itu, campurkan air dengan sampo pada sebuah wadah dan gunakan untuk membasuh bagian demi bagian. Penggunaan sampo akan berguna tidak hanya menghilangkan noda lumpur tetapi juga mampu menahan noda jika ada air yang kering sendiri sebelum dilap. Jangan lupa, gunakan busa lembut untuk membasuh dan membilas badan mobil agar tidak tergores.

Agar sampo tidak kering sebelum dibasuh, cairan sampo dibasuhkan ke mobil bagian demi bagian. Misalnya, setelah bagian atap selesai dibasuh cairan sampo, segera basuh bagian atap ini dengan air keran sebelum berpindah membasuh cairan sampo di bagian yang lain.

Setelah selesai, pembersihan dilanjutkan ke bagian ban dan peleknya. Bagian ban juga sebaiknya menggunakan sikat, tetapi pembersihan pelek sebaiknya menggunakan bahan yang lebih halus seperti kuas. (Y-5)

Leave a Reply

Your email address will not be published.