Tandingi Prius, Honda Segera Rilis Insight

DETROIT – Tak mau menunda terlalu lama, Honda Motor Co mulai berpikir untuk melepas Honda Insight ke pasar sesegera mungkin. Rencananya, mobil hybrid murah pertama Honda itu dipasarkan di Jepang bulan depan.

Setelah itu diluncurkan di Jepang, penjualan berlanjut ke dataran Eropa dan Amerika, tepatnya pada Maret hingga April 2009.

Setelah cukup lama mendekam dalam bentuk konsep, akhirnya Honda Insight pertama kali dipamerkan di North American International Auto Show (NAIAS) 2009. Menurut klaim Honda, mobil ini mampu melaju dalam kecepatan tinggi. Namun, konsumsi bahan bakarnya sangat irit.

Chief Engineer Honda Insight Yasunari Seki mengatakan, Insight hanya mengonsumsi 30 km/liter. “Insight juga menggunakan eco-lamp yang mampu menghasilkan warna-warna berbeda dari biru ke hijau, juga menghemat penggunaan listrik di mobil,” ucapnya. Sebenarnya,Honda sudah mengonsep hybrid Insight sejak 1999.

Teknologi fuelsaving system-nya kemudian dibenamkan pada Accord dan Civic. Meski sudah digembar-gemborkan, Insight belum mampu mengalahkan popularitas Prius, hybrid milik Toyota Motor Corp yang paling laris di dunia.

Sepuluh tahun terakhir Honda menjual sekitar 300.000 unit mobil hybrid, tidak sebanding dengan penjualan Toyota Prius sebanyak 1,7 juta yang dibuat dua tahun setelah Insight muncul.
(sindo//ton)

Leave a Reply

Your email address will not be published.