Sesuaikan Muatan Dengan Kapasitas Mobil Saat Mudik

Mudik ke kampung halaman merupakan momen penting bagi sebagian besar orang yang merayakan Lebaran. Mobil pribadi menjadi salah satu alternatif untuk pulang mudik. Alasannya, mengendarai mobil milik pribadi cukup praktis digunakan, bisa memuat banyak orang dan barang.

Kapasitas muatan mobil sangat menentukan kenyamanan dan keamanan berkendara selama perjalanan mudik. Perlu diingat bahwa setiap tipe mobil memiliki batas maksimum muatan. Jadi sebaiknya muatan mobil jangan sampai melebihi kapasitas karena bisa menimbulkan efek negatif bila beban mobil terlalu berlebihan, berikut beberapa diantaranya :

1. Jarak pengereman bertambah jauh. Jika muatan mobil terlalu banyak, antisipasilah dengan menjaga jarak aman dengan mobil depan. Jangan terlalu dekat dengan mobil di depan untuk menghindari tabrakan.

2. Mobil akan terasa melayang saat kecepatan tinggi. Hal ini tentu berbahaya dalam pengendalian stir. Batasi kecepatan maksimal kendaraan, misalnya dengan menjaga kecepatan di bawah 100 km/jam.

3. Mobil terasa limbung saat tikungan (body roll). Jika mengendarai mobil bermuatan penuh, saat menikung harus betul-betul memperhatikan kecepatan agar tidak terjadi kecelakaan. Terutama bila kita menempatkan barang di atap mobil akan semakin mengurangi kemampuan mobil untuk bermanuver.

4. Akselerasi lambat. Semakin berat beban mobil maka beban mesin akan bertambah, dan efeknya akselerasi menjadi berkurang. Karena itu bersabarlah dan harus rela jika mobil disalip mobil lain.

5. Beban pada ban bertambah. Saat muatan berlebih, beban yang diterima ban akan bertambah. Untuk mobil-mobil yang bermuatan banyak, pastikan kondisi ban masih baik. Jangan memaksa memasukan semua barang ke dalam mobil apabila ban mobil sudah tipis, karena risiko pecah ban sangat mungkin terjadi.

6. Suspensi bekerja ekstra. Selain ban yang menopang beban berat akibat muatan berlebih, suspensi juga bekerja ekstra terutama saat menikung, mengerem, atau saat ban melalui lubang.

Perhatikan muatan kendaraan Anda, utamakan mudik aman dan nyaman, agar selamat sampai tujuan.

Sumber: Aspira

Leave a Reply

Your email address will not be published.