Sehari Dengan Karimun Wagon R

Karimun Wagon R TestSatu lagi pemain mobil murah secara resmi mengaspal di Indonesia. Kali ini Suzuki mencoba menawarkan Karimun Wagon R yang hadir dengan 3 tipe, yaitu GA, GL, dan GX dengan harga masing-masing Rp 77 juta, Rp 89 juta, dan Rp 99 juta. Wagon R ini menggunakan platform Karimun lama yang memiliki desain khas yang mengkotak. Untuk mengetahui lebih jauh fitur-fiturnya, performa dan kenyamanannya, PT. Suzuki Indomobil Sales (SIS) bermurah hati mengajak sejumlah jurnalis, termasuk redaksi OTOCOID untuk menjajalnya langsung.

EKSTERIOR

Sebelum melangkah lebih jauh, mari kita cermati dulu bagian luarnya. Karimun Wagon R menjadi satu-satunya kendaraan yang memiliki desain berbeda dengan pemain mobil murah lainnya. Lihat saja tampilannya yang boxy atau mengkotak seperti desain Karimun lama atau Suzuki Every kalau Anda masih ingat. Hal ini berbeda dengan mobil murah lainnya yang menggunakan desain hatchback.

Desain seperti ini memang terlihat konvensional, namun memberi keuntungan melalui ruang kepala atau headroom yang relatif lebih luas. Di bagian kaki-kaki, untuk tipe GX dan GL menggunakan velg modern palang lima, sedangkan tipe terendah yaitu GA masih menggunakan velg kaleng. Suzuki juga melengkapi Wagon R dengan roof rail di atapnya untuk tipe GX dan GL yang berfungsi memudahkan saat harus membawa barang di atas.

INTERIOR

Kesan mengkotak juga merasuk kedalam kabin melalui desain dashboard. Namun nuansa mewah terlihat dari penggunaan warna two-tone di dashboard dan penyematan panel instrument yang ergonomis serta mudah dijangkau. Dengan jok berbahan fabric dan berkonsep semi bucket-seat untuk pengemudi dan penumpang depan, ruang kabin Wagon R sudah cukup lega untuk ukuran sebuah city car.

Keistimewaan mobil ini adalah banyaknya kompartemen di dalam kabin. Tempat penyimpanan ini tersebar di berbagai tempat, seperti 3 cup holder di bagian tengah untuk menaruh minuman, pocket di belakang kursi penumpang depan, glove box di depan, coin tray, central pocket, dan front compartment. Satu lagi tempat penyimpanan yang berguna dan inovatif adalah underseat tray yang terletak di bawah jok penumpang depan untuk menyimpan berbagai macam barang berharga seperti laptop.

Sistem penyejuk udara atau AC tersedia dengan pilihan 4 kecepatan dan pengendali temperatur untuk memberikan kenyamanan kepada penumpang. Sistem audionya dipastikan lebih memanjakan penumpang dengan jenis head unit Double-Din untuk tipe GX. Tersedia pula pengaturan jok secara elektrik melalui power window untuk tipe GX dan GL. Sedangkan untuk tipe GA masih menggunakan tuas pengungkit.

FITUR-FITUR

Karimun Wagon RMeskipun semua tipe Karimun Wagon R tidak dilengkapi dengan fitur keselamatan airbags, namun mobil ini mempunyai fitur yang tidak dimiliki mobil murah lainnya. Fitur yang dimaksud adalah immobilizer yang memungkinkan teknologi ini hanya bisa menyalakan mobil menggunakan kunci asli. Jadi mobil ini tidak akan menyala jika menggunakan kunci duplikat atau selain kunci asli. Fitur ini tentunya membuat mobil aman dan terhindar dari pencurian.

Inovasi teknologi diterapkan pada gear shift indicator yang akan memberi tahu pengemudi saat yang tepat untuk memindahkan gigi (naik/turun) untuk menciptakan cara berkendara yang hemat bahan bakar. Fitur lain yang disematkan adalah adanya safety belt dan pengunci pengamanan anak-anak untuk menghindari pintu bisa dibuka dari dalam oleh anak-anak. Indikator ini dapat dilihat pada clustermeter.

PERFORMA & PENGENDALIAN

Suzuki Karimun Wagon R mengusung mesin K10B berkapasitas 1.000 cc DOHC 3-silinder yang terbuat dari alumunium, sehingga lebih ringan dan irit bahan bakar. Tenaga yang dihasilkan sebesar 67 HP pada 6.200 rpm dengan torsi 90 Nm pada 3.500 rpm. Hasilnya akselerasinya cukup ringan dan cepat menerjemahkan pijakan pedal gas dengan gerakan memindahkan body-nya yang compact.

Suzuki hanya menawarkan Karimun Wagon R dengan satu pilihan transmisi, yaitu jenis manual 5-speed. Kombinasi mesin dan transmisi ini membuahkan kecepatan yang lebih dari cukup untuk dibawa ngebut. Terbukti kecepatan 110 km/jam bisa diraih dengan mudah saat kami memacunya di jalan tol. Pandangan kedepan saat berkendara juga terasa lapang dengan informasi di meter cluster mudah dibaca dengan tampilan attraktif.

Untuk segi kenyamanan, suspensi Wagon R terasa lembut dan mampu meredam setiap kejutan di perjalanan. Teknologi electric power steering (EPS) juga sangat membantu pengemudi saat harus melakukan maneuver-manuver di tengah kemacetan. Memutar lingkar kemudi terasa ringan dan radius putarnya cukup kecil, hanya 4,6 meter.

KESIMPULAN

Suzuki menyebut Wagon R dengan mobil Super yang artinya kepanjangan dari Spacious, Useful, Practical, Efficient dan Reasonable. Artinya Wagon R menawarkan ruang yang luas bagi 5-penumpangnya di dalam, bagasi luas dengan jok belakang yang bisa dilipat, tempat penyimpanan yang tersebar total 11 kompartemen yang praktis, irit bahan bakar dengan konsumsi BBM 20 km/liter, dan harganya terjangkau sehingga memungkinkan banyak orang merasakan pengalaman memiliki Wagon R.

Dengan segala kelebihan tersebut, Wagon R bisa menjadi salah satu alternatif bagi Anda yang tengah mencari mobil murah. Nama Karimun yang melegenda dengan segala kekuatan, ketangguhan dan keiritannya, bisa didapatkan kembali pada Wagon R.

Sumber: oto.co.id

Leave a Reply

Your email address will not be published.