Cara Memperpanjang Masa Pakai Mobil Baru

Mobil BaruBagi Anda yang baru saja membeli mobil baru, ada beberapa hal yang wajib diperhatian. Jangan sampai karena terlalu senang justru berakhir tidak mengenakkan. Tujuannya cukup penting, yakni memperpanjang masa pakai komponen-komponen di mobil tersebut. Berikut tips yang perlu Anda sesuaikan saat mengendarai mobil baru:

Pertama, Hindari memacu mobil berlebihan, apalagi ketika jarum tachometer sudah sampai menyentuh garis berwarna merah. Sebagai acuannya adalah jarum penunjuk tachometer yang bertugas mengukur putaran mesin mobil.

Kedua, Hindari mengemudi menggunakan gigi rendah terus menerus. Gunakan kecepatan mobil pada berbagai variasi dan posisi gigi transmisi.

Pada transmisi manual, gunakan semua gigi kecepatan sesuai dengan kecepatannya. Hal ini agar seluruh gigi percepatan bisa bekerja dan terlumasi dengan baik. Selain itu, komponen yang berkaitan, seperti kopling, gardan dan rem juga bisa menyesuaikan dengan baik.

Ketiga, muatan yang berlebihan juga sebaiknya dihindari. Memenuhi mobil dengan muatan berlebih tentunya akan memaksa mesin dan komponen lain, seperti kopling dan suspensi, bekerja lebih keras dan lama kelamaan memperpendek masa pakainya. Jadi isilah mobil sesuai dengan kapasitas tempat duduk dan kapasitas bagasi.

Terakhir, sebisa mungkin hindari melakukan pengereman mendadak. Tujuannya untuk mengurangi gesekan yang terlalu besar pada komponen dalam mesin dan penggeraknya.

Gesekan yang besar terjadi karena saat mobil berjalan, mesin dan roda yang bergerak tiba-tiba tertahan oleh sistem rem yang mengharuskan mobil tersebut berhenti.

Sumber: Suara Merdeka

Leave a Reply

Your email address will not be published.