Range Rover Racikan Hamann Bikin ‘Ngiler’

Laupheim – Tak lama setelah meluncurkan “paket” terbaru Porsche Panamera, rumah modifikasi tenar yang bermarkas di Laupheim, Jerman, Hamann, kini fokus mencurahkan perhatian ke segmen kendaraan mewah berbodi besar Land Rover Range Rover. Diyakini, dengan perubahan yang dialami Range Rover nantinya memberi kepuasan tersendiri bagi masyarakat umum pencinta kendaraan modifikasi khususnya model sport utility vehicle (SUV) berbodi besar.

Tentu saja, dalam memberikan perubahan signifikan itu, Hamann tidak mau tanggung-tanggung. Paket istimewa yang dibenamkan Hamann ke Land Rover Range Rover terlihat dari perubahan bentuk bodi yang lebih kekar, peningkatan performa mesin, dan interior yang lebih menarik mata.

Dimulai dari luar atau eksterior. Range Rover hanya mengalami perubahan minor namun dilengkapi sejumlah aksesoris yang menunjang tampilan gagah. Hal itu terlihat dari spoiler depan baru dengan lubang “penangkap” angin yang lebih lapang, dan tampilannya senada dengan lampu LED (light emiting diode) yang terus menyala di siang hari.

Bagian samping mobil juga mengalami perubahan yakni adanya sayap (side skirt) yang menempel di bodi dengan desain baru sehingga terkesan kekar, kemudian spoiler di bagian buritan atas lengkap dengan lampu rem LED merah dan atap mobil dari bahan serat karbon.

Urusan pipa buang, Hamann mendesain knalpot dua pipa besar berbentuk bulat di bagian buritan tengah bawah. Sebagai penunjang penampilan maskulin, dipasanglah satu set velg berdiameter 22 inch berwarna hitam pekat.

Kemudian bagian dalam menggunakan bahan yang kaya akan kombinasi kulit, alcantara, kayu, karbon, serta trim alumunium.

Sementara urusan dapur pacu, Hamman menawarkan sistem pembuangan terbaru lengkap dengan pipa manifold berbentuk X (X-manifold), besi penyangga mesin berbentuk pipa di bagian tengah, dan penyempurnaan sistem kelistrikan di Range Rover. Hasilnya, tenaga dari mesin berkapasitas 5.000 cc dengan konfigurasi mesin V8 melimpah ruah.

Terbukti dengan peningkatan tenaga dari semula dengan mesin standar hanya 510 daya kuda, menjadi 530 daya kuda pada putaran mesin 2.600 RPM. Untuk tenaga awalan, dari diam hingga bergerak ke kecepatan 97 kilometer per jam atau dari 0-97 kmh ditempuh enam detik. Topspeed juga meningkat hingga mencapai 227 kilometer per jam. (Topspeed/BJK/mla/Bonifacius Jaka)

Sumber: Liputan6.com

Leave a Reply

Your email address will not be published.