Agar Terhindar Bahaya Saat Berkendara di Pagi Buta

Bagi yang sering berkendara pada dini hari menjelang pagi, rasanya pernah mengalami kejadian seperti berikut ini: di suatu ruas atau tikungan jalan, tiba-tiba harus ngerem mendadak karena di depan mobil tampak objek yang mengejutkan. Bukan makhluk halus, sesuatu yang mengejutkan itu ternyata para pengguna jalan juga. Mereka menggunakan jalan raya tanpa dilengkapi dengan lampu atau benda yang bisa memantul saat terkena cahaya. Akibatnya, tidak kelihatan dari jarak jauh dan mengejutkan pengendara.

Beberapa diantara pengguna jalan yang sering hilir mudik di saat menjelang pagi adalah orang bersepeda, penjual sayur, maupun orang yang sedang jogging. Di suasana yang masih gelap, posisi mereka tidak terlalu kelihatan. Apalagi seandainya jalan tersebut tidak dilengkapi lampu penerangan yang memadai dan ditambah setting-an lampu mobil yang terlalu menunduk sehingga mempengaruhi kemampuan pengemudi mengontrol jalan.

Karena itu, berkendara pada dini hari menjelang pagi memerlukan kewaspadaan khusus. Meskipun jalan tampak lengang, tetaplah waspada. Siapa tahu di depan kita ada objek-objek yang baru terlihat jelas ketika jaraknya hanya tinggal 5 meter lagi dari mobil kita. Jika tidak sigap, bisa saja terjadi senggolan, bahkan tabrakan yang memakan korban di kedua belah pihak.

Kasus seperti ini biasanya terjadi di jalan-jalan kecil, dekat perumahan. Agar lebih aman ketika berkendara saat dini hari menjelang pagi, berikut ini poin-poin yang sebaiknya kita perhatikan:

1. Atur kecepatan. Meskipun kondisi kelihatan sepi, tetap waspada bila sewaktu-waktu tampak pengguna jalan di jalur yang akan kita lewati.
2. Bila ragu, sesekali nyalakan lampu dim agar sorotan lampu bisa menjangkau jarak yang lebih jauh.
3. Periksa lampu mobil Anda. Atur agar setting-annya tepat sehingga membantu kita dalam mengontrol kondisi jalan. Untuk mengaturnya, minta saja bantuan mekanik di bengkel.
4. Selain menabrak pengguna jalan lain, berkendara saat pagi buta di jalan-jalan kecil juga berpotensi membuat mobil terperosok ke got. Terutama, bila pengendara kesulitan mengukur letak saluran got terbuka karena kondisi jalan yang gelap. Cara menghindarinya, jadikanlah batas tengah jalan sebagai patokan supaya mobil tidak terlalu mepet ke kiri.

Sumber: Aspira

Leave a Reply

Your email address will not be published.