Radiator Karimun

Seorang rekan pemilik mobil Suzuki Karimun buatan tahun 2001 mengkhawatirkan kondisi radiator mobilnya. Setiap saat air radiatornya menetes, padahal mobilnya jarang dipakai. Ia yakin kondisi mobilnya cukup prima dan terawat dengan baik. Yang lebih mengherankan lagi, setelah dicek, baik radiator maupun selang radiator tidak mengalami kebocoran sedikit pun. Akibat kejadian itu, Ia mengaku harus mengisi air radiator hingga penuh setiap hari.

Menurut pengamat otomotif, Bebin Djuana sebaiknya dipastikan dulu apakah betul terjadi kebocoran radiator dengan cara mencari jejak kebocoran. Jejak itu bisa saja berwarna kecokelatan akibat bekas air karat yang rembes keluar atau seperti warna coolant yang digunakan. Titik kebocoran system radiator bias ditemukan di water pump, akibat seal yang bocor atau plastic drain radiator. Yang terakhir ini, posisinya pada radiator di bagian bawah sehingga harus ke bagian kolong untuk memeriksanya.

Tak kalah pentingnya memeriksa tutup radiator. Jika penahan tekanan sudah lemah atau karet penahan di bibir dalam radiator sudah aus, maka saat tekanan meningkat air akan terdorong ke tabung reservoir. Saat tabung reservoir penuh, kelebihan air akan disalurkan ke saluran pembuangan. Nah pada saat suhu mesin turun maka air tersebut akan kembali masuk ke radiator.

Seringkali, pemilik kendaraan mengira tabung reservoir kosong sehingga diisi air. Pada saat air dari saluran pembuangan kembali ke reservoir, akibatnya reservoir jadi kepenuhan dan airnya meluber keluar.

“Tabung reservoir ini jangan sampai terisi penuh,” ujar Bebin. Menurutnya, isi tabung reservoir adalah di antara batas maksimum dan batas minimum yang tertera di tabung reservoir. Jika semua hal diatas sudah Anda lakukan dan radiator tetap saja bocor, maka sebaiknya Anda membawa kendaraan Anda ke bengkel resmi terdekat.

Menurut Bebin, sikap teliti yang ditunjukkan pemilik Karimun di atas sudah tepat. Sebab bagaimanapun, kebocoran radiator sangat berbahaya dan bisa membuat mesin panas dan cepat rusak. [L-11]

Leave a Reply

Your email address will not be published.