Proton Exora Bold Hadir Oktober

Kuala Lumpur – Mobil nasional Malaysia, Proton tidak hanya jago kandang. Berbagai negara, termasuk Indonesia menjadi tujuan ekspornya. Bahkan untuk memperkuat posisinya, Proton telah menyiapkan 2 produk yang akan diluncurkan di Indonesia. Model paling dekat yang akan diluncurkan adalah Proton Exora Bold yaitu pada Oktober 2012. Sedangkan produk satu lagi adalah model global pertama Proton di segmen sedan, yaitu Proton Preve.

“Kami memutuskan untuk tidak mengikuti IIMS 2012 dan akan meluncurkan Proton Exora Bold pada Oktober 2012. Sedangkan untuk Proton Preve terpaksa kami undur dari jadwal semula yaitu Oktober atau November 2012 menjadi Januari 2013, sebagai akibat dari membludaknya permintaan Proton Preve di pasar domestik Malaysia,” ujar Gunther Scherz, Presiden Direktur PT Proton Edar Indonesia, saat ditemui di Kuala Lumpur, Malaysia beberapa waktu lalu.

Proton Exora Bold yang akan masuk pasar Indonesia hadir dengan persenjataan lebih lengkap, seperti pemasangan piranti turbocharger pada mesin 1.6 liter miliknya. MPV 7-seater ini juga telah dilengkapi dengan berbagai fitur baru seperti cruise control yang akan memudahkan pengemudi menyetel kecepatan tanpa perlu menginjak pedal gas. Selain Exora Bold, Proton juga menyiapkan varian paling tingi yaitu Exora Prime.

Kedua Exora baru ini akan menggantikan Exora Executive dan Supreme yang saat ini dijual di Indonesia. “Untuk Exora Star sebagai varian entry level akan tetap kami pasarkan di Indonesia. Sedangkan Exora Bold dan Prime akan menggantikan Exora Executive dan Supreme. Soal harganya, masih belum kami tentukan,” tukas Gunther.

Sementara sedan medium Proton Preve akan hadir dengan tiga model yakni Executive M/T, Executive A/T CVT, dan varian Premium A/T CVT. Mesin Preve Executive menggunakan mesin Campro IAFM+, berkapasitas 1.6 liter, dengan daya 107 PS dan torsi 150 Nm. Dayanya disalurkan melalui transmisi manual 5-speed dan otomatis CVT 6-percepatan.

Sementara Preve Premium memakai mesin CFE, berkapasitas 1.6 liter yang sudah dilengkapi turbo. Mesin ini memiliki daya 138 PS dan torsi 205 Nm. Mesin dikawinkan dengan transmisi otomatis CVT 7-speed dengan teknologi ProTronic. Proton Preve mengadopsi lampu depan proyektor, pengatur ketinggian kursi pengemudi, immobilizer, koneksi Bluetooth, USB dan iPod, dan kontrol audio ada di lingkar kemudi, airbag di kursi depan dan rem ABS serta EBD.

Pada varian Preve Premium, sudah dilengkapi dengan tombol start dan stop, fitur cruise control, lampu otomatis, wifer dengan sensor hujan, sistem navigasi dengan touch screen. Varian ini juga dilengkapi dengan kontrol stabilitas atau ESC. Sedangkan Proton Exora Bold dan Prime yang akan diposisikan untuk melawan Toyota Innova, fitur-fitur nya tidak kalah hebat dibanding pesaingnya. (M. Lulut)

Sumber: oto.co.id

Leave a Reply

Your email address will not be published.