Pertimbangan Asuransi Mobil

Seiring makin padatnya kondisi lalu lintas maupun tindak kriminalitas, maka semakin meningkat pula kecenderungan terjadinya musibah yang menyangkut mobil kita. Mulai kerusakan ringan terbentur, tergores, pencurian kaca spion, sampai yang berat seperti tabrakan, pencurian kendaraan bermotor bahkan perampokan.

Tak pelak lagi asuransi menjadi hal penting untuk memberikan perlindungan terhadap resiko yang mungkin terjadi. Namun tidak mudah memilih asuransi yang tepat dan betul-betul memuaskan. Karena itu, perlu dipertimbangkan faktor-faktor yang seharusnya ada dalam menentukan pilihan produk asuransi.

Secara umum ada tiga faktor yang harus diingat. Pertama, kekuatan keuangan (security). Kedua, jasa (service). Ketiga, biaya. Masalah kekuatan keuangan asuransi menyangkut kemampuan keuangan perusahaan tersebut untuk memenuhi janjinya saat konsumen membutuhkann. Hal ini penting diketahui, karena tidak sedikit perusahaan asuransi yang tampak di luarnya mentereng. Misalnya gedungnya bertingkat, kendaraan direksinya bagus-bagus. Tetapi tatkala terjadi klaim dari nasabah, perusahaan tersebut tidak mampu membayar.

Jasa (service) merupakan cermin sejauh mana sumber daya manusia di perusahaan tersebut berkualitas atau tidak. Apalagi, perusahaan asuransi menjual jasa, maka layanan prima merupakan kunci utama. Misalnya, sejauh mana kecepatan pelayanan baik dalam menerbitkan polis apalagi dalam pembayaran santunan atau klaim. Selain itu, soal pelayanan sebenarnya bisa dirasakan sendiri oleh nasabah. Apakah perusahaan asuransi ini sudah betul-betul memberikan pelayanan terbaik buat nasabahnya.

Masalah biaya adalah seberapa besar biaya yang dikeluarkan oleh perusahaan asuransi dalam operasionalnya. Kalau lebih besar biaya dibanding pemasukan, maka jelas perusahaan tersebut tidak efisien. Kalau sudah tidak efisien, maka ujung-ujungnya akan mengalami kerugian.

Hal lain yang penting dilakukan adalah menentukan jenis perlindungan asuransi yang diinginkan. Perlindungan secara menyeluruh (all risk) memberi proteksi yang paling baik, tapi Anda perlu memperhitungkan sisi ekonomisnya. Kerugian atau kerusakan pada kendaraan bermotor disebabkan oleh tabrakan, benturan, terbalik, tergelincir dari jalan.

Kebakaran, biaya derek, pencurian, termasuk pencurian yang didahului/disertai atau diikuti dengan kekerasan atau ancaman, serta jaminan tambahan. Jangan sampai tertipu dengan tawaran-tawaran yang diberikan oleh perusahaan asuransi. Kenali sebelum mengambil keputusan, dan pilihlah asuransi yang sehat. [L-11]

Leave a Reply

Your email address will not be published.