Periksa Kolong Mobil

Bagian bawah mobil merupakan bagian yang sangat rawan terhadap kerusakan. Mungkin karena berada di bawah, kolong mobil sering kali luput dari pemeriksaan rutin kendaraan.

Akibatnya, daerah kolong mobil mudah sekali menjadi kotor. Padahal bagian bawah mobil merupakan bagian yang sangat rawan terhadap kerusakan.Agar mobil Anda selalu dalam kondisi prima, terutama jika sering menggunakan mobil saat bepergian ke luar kota, sebaiknya selalu rajin menjaga kebersihannya. Tips berikut ini dapat membantu merawat dan menjaga kebersihan kolong mobil.

Pertama, periksa bagian bawah mesin. Jika tidak ada pelindung, sebaiknya pasang deker dari pelat atau akrilik. Periksa knalpot dari header sampai ujung. Amati bagian sambungan antara pipa dan tabung knalpot. Ketuk-ketuk dengan keras. Bila ada karat yang berguguran, perlu segera diperbaiki atau dibilas.

Selanjutnya, amati lantai atau dek bawah apakah ada karat atau lobang di sana. Sebab, jika terdapat karat atau lubang, akan sangat berbahaya bagi keamanan Anda dan penumpang di dalam mobil karena bisa menyebabkan gas CO2 masuk ke kabin.

Selain itu, periksa saluran pembuangan air dan karet sepanjang bodi. Jika terjadi kerusakan pada buangan air atau karet, akan menyebabkan air merembes ke kabin.

Langkah keempat, amati gardan dan tutup oli karena bagian ini sering kali longgar akibat benturan. Periksa cross member dari karat atau keropos karena bagian ini sering kena tetesan air radiator. Jika bagian ini telah keropos, sebaiknya segera diganti.

Periksa as kopel dan cross joint. Jangan lupa periksa pegas-pegas atau per, baik per daun atau per keong. Klem atau ikatan antarpegas juga harus kuat. Olesi dengan solar supaya tidak berdecit.

Keenam, periksa setiap dudukan shock-breaker. Amati mur dan bautnya, dengan cara menjalankan kendaraan sedikit. Jika ternyata dudukan bergeser saat kendaraan dijalankan, segera kencangkan murnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.