Pengecekan Setelah Mudik

Hari Raya Lebaran telah berlalu dan sebagian besar dari kita merayakannya bersama keluarga di kampung halaman tercinta. Jika Anda menempuh perjalanan menuju kampung halaman dengan menggunakan kendaraan, alangkah baiknya untuk melakukan pengecekan kembali kondisi kendaraan di bengkel resmi terdekat sehingga saat digunakan untuk aktifitas harian performanya tetap baik. Tetapi kadang kala karena kesibukan setelah masuk kerja kembali, kita tidak mempunyai waktu untuk membawa kendaraan ke bengkel. Nah di bawah ini AstraWorld telah meringkas beberapa langkah ringan pengecekan yang dapat Anda lakukan jika belum sempat membawa kendaraan Anda ke bengkel.

1. Cek Air Radiator
Sebelum mesin di hidupkan, buka kap mesin. Coba Anda cek tangki cadangan air radiator, jika di bawah level minimum, tambahkan sampai dengan batas level maksimum.

2. Cek Oli Mesin
Periksa kuantitas oli melalui deep stick, dan bila kurang jumlahnya, ada baiknya lakukan penambahan dengan spesifikasi oli yang sama.

3. Cek Volume Minyak Rem
Hampir sama dengan cara pengecekan tabung air radiator, coba Anda cek kuantitas minyak rem di tabung master rem. Jika kurang, tambahkan sampai batas level maksimum. Perlu di perhatikan bila terlihat jumlahnya berkurang sangat banyak , biasanya ada sebuah kebocoran pada salah satu bagian. Jangan anggap enteng hal tersebut, karena jika rem tidak berfungsi dapat menyebabkan terjadinya kecelakaan.

4. Cek Kondisi Aki
Cek volume air aki (untuk tipe aki basah), jangan sampai volume air aki kurang sampai di bawah batas minimal. Jika di terminal aki terdapat banyak bintik-bintik putih, hilangkan dengan cara menyiram dengan air panas.

5. Cek Kondisi Sistem Penerangan.
Lakukan pengecekan lampu-lampu, baik lampu utama, lampu kota lampu sign dan lampu rem. Pastikan semua bekerja dengan baik. Jika semua berfungsi dengan baik, tidak hanya akan membuat aman perjalanan Anda tetapi pengguna jalan yang lainnya.

6. Cek Tekanan Angin Ban dan Kondisinya.
Saat anda mengisi bahan bakar di SPBU, tidak ada salahnya untuk berhenti sebentar dan mengecek tekanan angin ban. Sebagian besar SPBU sudah melengkapi alat pengisian angin ban sekaligus dengan besar tekanannya. Lalu berapa besar tekanan ban kendaraan Anda?, Anda bisa melihat pada stiker yang terdapat pilar belakang pintu depan kanan kendaraan atau pada buku pedoman pemilik kendaraan.

Yang perlu diperhatikan adalah, jika saat mesin di hidupkan terdengar bunyi kasar atau fungsi rem yang tidak maksimal saat di gunakan, sebaiknya segera bawa kendaraan Anda ke bengkel resmi terdekat untuk di lakukan pengecekan.

Sumber: Aspira

Leave a Reply

Your email address will not be published.