Pemangkasan Biaya F1 Akhirnya Diberlakukan

Isu besar terkait usaha penghematan biaya di F1 akhirnya benar-benar diberlakukan. Selain pelarangan ujicoba di tengah musim, setiap tim juga dibatasi dengan jatah 20 mesin setiap tahun. Apa lagi?

Pemangkasan biaya yang dikeluarkan tim-tim F1 menjadi hal yang mendesak untuk dilakukan menyusul terjadinya krisis ekonomi global. Mundurnya Honda dari Jet Darat semakin membuat FIA bergegas memaksakan adanya pembatasan pengeluaran oleh semua tim.

Dalam pertemuan FIA yang dilangsungkan di Monaco, Jumat (12/12/2008) kemarin, akhirnya disepakati beberapa regulasi baru untuk musim 2009 dan 2010 yang akan membatasi pengeluaran setiap tim.

Salah satu aturan baru yang akan sangat singnifikan adalah soal pelarangan melakukan ujicoba di tengah musim, ini mulai berlaku tahun 2009. Dengan kata lain, setelah musim bergulir setiap tim hanya memiliki sesi pengujian pada hari Jumat jelang race day. Itupun dibatasinya hanya 30.000 km setiap musim

Di tahun yang sama FIA juga mengharuskan usia mesin diperpanjang dari yang musim ini hanya dipakai di dua balapan akan ditambah menjadi tiga balapan. Setiap pembalap hanya dijatah delapan mesin setiap musimnya, plus empat mesin untuk sesi ujicoba. Total setiap tim cuma boleh memiliki 20 mesin untuk satu musim.

Putaran mesin yang sebelumnya 19.000 rpm kini dipotong hanya menjadi 18.000 rpm. Pada musim depan perubahan ini diharapkan bisa menghemat 30% pengeluaran tim dan bahkan hingga 50% buat tim independen. Demikian diberitakan BBC.

“Ide dasarnya adalah memangkas biaya pengeluaran. Saat ini tim pabrikan bisa menghabiskan uang hingga 200 juta euro setiap musim. Itu sangat tidak disangka-sangka,” ungkap Max Mosley.

Upaya pemangkasan biaya tak berhenti sampai di situ karena mulai Januari penggunaan wind tunnel juga akan dibatasi, dengan setiap tim dilarang memakai “terowongan angin” yang bisa menguji sebuh mobil dengan skala 60% atau lebih dari ukuran mobil asli. Selain itu jumlah kru masing-masing tim untuk setiap race juga wajib dipangkas.

Yang cukup menarik adalah ditangguhkannya penggunaan mesin standar Cosworth untuk tahun depan meski pada musim 2010 penggunaannya bisa kembali dipertimbangkan. Dua musim dari sekarang pembatasan yang akan diberlakukan malah lebih ketat lagi.

Untuk tahun 2010 akan dilakukan standarisasi radio komunikasi dan telemetri, selain adanya pelarangan terhadap pemanasan ban serta kemungkinan memangkas jumlah jarak atau durasi sebuah balapan. ( din / din )

Leave a Reply

Your email address will not be published.