Overheating dan Penanganannya

Overheating dan PenanganannyaPernahkah Anda mengalami mobil tiba-tiba mogok karena overheating? Kondisi ini terjadi karena temperatur mesin mobil sudah mencapai titik panas. Karena terlalu fokus mengemudi, seringkali kita lalai memperhatikan suhu mesin mobil hingga mengalami overheating dan mendadak mati.

Sebenarnya Anda bisa memantau kondisi mesin dengan melihat indikator yang tersedia di mobil. Ada yang menggunakan jarum penunjuk panas mesin yakni C dan H, ada juga yang ditunjukan melalui warna merah ketika temperatur mesin meninggi.

Secara teknis, mesin mobil yang mulai tinggi temperaturnya akan menunjukkan gejala-gejala yang khas. Seperti suara mesin terdengar kasar dan nglitik, tarikan mesin berat, atau hembusan AC terasa panas. Gejala lain saat overheating adalah keluarnya asap dari balik kap mesin. Asap tersebut berasal dari air radiator yang mendidih dan keluar melalui tutup radiator atau komponen yang rusak atau bocor.

Saat mobil Anda mengalami overheating, segeralah menepi dan cari tempat yang aman. Lakukan pengecekan awal dengan membuka kap mesin lalu perhatikan kebocoran air di sekitar radiator dan salurannya. Jika ditemukan kebocoran, segera cek sumber kebocorannya. Apabila kebocoran dapat ditangani, isi kembali air radiatornya. Namun saat mobil kembali dijalankan tetap perhatikan indikator temperaturnya.

Overheating juga dapat disebabkan kipas pendingin radiator tidak bekerja. Untuk mobil dengan kipas pendingin radiator elektrik, setelah menghentikan mobil dan membiarkan mesin mobil berangsur-angsur mendingin, cobalah untuk hidupkan mesin dan AC mobil. Apabila kipas pendingin radiator tidak berputar saat hidupkan AC kemungkinan besar kipas pendingin radiator bermasalah. Sedangkan untuk mobil dengan kipas pendingin radiator mekanis, coba cek kondisi tali kipas dari kemungkinan putus.

Jika mesin mobil mogok karena mengalami overheating, jangan memaksa menyalakan mesin mobil. Hal ini dapat merusak mesin mobil. Mintalah bantuan mekanik untuk mengatasi hal ini.

Sumber: Aspira

Leave a Reply

Your email address will not be published.