New Full Size Accord, Lebih Segar Lebih Mewah

Memulai agenda peluncuran produk baru di tahun 2011, Honda Prospect Motor (HPM) pada hari Rabu (23/2) resmi meluncurkan New Full Size Accord. Sedan mewah keluaran Honda ini mengalami penyegaran di beberapa titik eksterior maupun interior.

Sejak diluncurkan pada tahun 1976, New Full Size Accord telah mencatat penjualan sekitar 15,1 juta unit di 160 negara di seluruh dunia. Di Indonesia sendiri, penjualan Accord telah mencapai 33.684 unit selama 2 (dua) dekade terakhir, tertinggi di kelas medium sedan.

Dan sejak generasi Accord ke-8 diluncurkan pada tahun 2008, konsep Bigger, Better, Bolder yang diusung Accord menegaskan dirinya sebagai model dengan kabin terlapang, performa tinggi, dan fitur-fitur teknologi terdepan di kelasnya.

“New Full Size Accord yang diperkenalkan hari ini mempertahankan konsep tersebut sekaligus membawa tongkat kemewahan dan kenyamanan Accord ke tingkat yang lebih tinggi, sesuai dengan tema Unlimited Luxury yang diusungnya,” jelas President Director PT HPM – Yukihiro Aoshima dalam pidato peluncurannya.

New Full Size Accord mengalami penyegaran eksterior pada (1) grille dan bumper di bagian depan, (2) velg baru 17 inch, (3) chrome garnish di lampu bagian belakang, serta (4) electric retractable door mirror di bagian samping.

Sedangkan di bagian interior, sedan premium Honda ini semakin mewah dengan hadirnya (5) sistem kunci baru integrated remote jack knife & immobilizer, (6) new wood texture & color serta (7) rear audio switch yang mampu memainkan lagu dalam format CD/MP3/WMA yang juga dilengkapi dengan USB port + iPod.

All New Full Size Accord juga menghadirkan pilihan warna baru (8) Urban Titanium Metallic, melengkapi warna Polished Metal Metallic, Bold Beige Metallic, Alabaster Silver Metallic, Crystal Black Pearl serta Brilliant White Pearl yang sudah lebih dulu tersedia.

Seperti pendahulunya, All New Full Size Accord tersedia dalam 4 (empat) varian yakni tipe 3.5 L V6 Otomatis, 2.4L VTi-L Otomatis, 2.4 VTi Manual dan 2.4 VTi Otomatis.

Tipe 3.5L V6 mengusung mesin i-VTEC 3.5 liter yang mampu menghasilkan tenaga sebesar 275 PS pada 6.200 rpm dan torsi maksimum 34,6 kg.m pada 5.000 rpm. Mesin ini didukung teknologi Variabel Cylinder Management (VCM) yang berfungsi mengatur jumlah silinder aktif sesuai beban mesin guna mengoptimalkan tenaga dan efisiensi bahan bakar. Teknologi VCM juga didukung oleh Active Control engine Mount (ACM) yang bekerja meminimalisir efek getaran mesin dan teknologi Active Noise Control (ANC) yang mampu mengurangi gangguan kebisingan dari mesin atau luar kabin.

Sedangkan tipe 2.4L VTi-L mengusung mesin i-VTEC 2.4 liter yang mampu menghasilkan tenaga sebesar 180 PS pada 6.500 rpm, dan torsi maksimal 22,6 kg.m pada 4.300 rpm. Dengan didukung teknologi Drive by Wire, Grade Logic Control, dan Shift Hold Control, mesin ini mampu menghasilkan keseimbangan antara akselerasi yang halus, perpindahan gigi yang presisi, serta efisiensi bahan bakar yang maksimal. Mesin i-VTEC yang diusung New Full Size Accord memiliki standar emisi gas buang Euro 4 yang ramah lingkungan.

Selain kedua varian di atas, tersedia juga tipe VTi dengan harga yang lebih terjangkau, namun tetap didukung dengan mesin yang sama dengan VTi-L. Tipe VTi menggunakan velg alloy 16 inch dan material fabric untuk interiornya.

Di atasnya, tipe VTi-L dilengkapi berbagai fitur kenyamanan pengemudi dan penumpang seperti paddle shift dan cruise control, power seat adjuster, dan power lumbar support. Kenyamanan dan kemewahan kabin juga dilengapi dengan dual-zone automatic climate control system, rear ventilation air conditioner, dan electric rear sunshade. Tidak ketinggalan teknologi speed-sensitive volume compensation (SVC) yang secara otomatis menyesuaikan volume audio dengan kecepatan mobil.

Sedangkan pada varian Accord tertinggi tipe 3.5L V6, kesemua fitur yang tersedia pada tipe VTi dan VTi-L di atas mendapat tambahan fitur eksklusif seperti 6 buah airbag (termasuk side curtain airbag), electric sunroof, front parking sensor, power seat adjuster with memory, tata suara premium yang dilengkapi subwoofer, ultrasonic sensor, ambient light dan vanity mirror with light.

Dan sepantasnya sebuah sedan premium, New Full Size Accord kaya akan fitur keselamatan aktif maupun pasif. Dimulai dengan Vehicle Stability Assist (VSA) yang mampu mengurangi gejala oversteer maupun understeer pada jalan licin. Teknologi Variabel Gear Ratio (VGR) yang membantu meningkatkan keakuratan dan kelincahan saat berbelok pada kecepatan tinggi maupun rendah pada sistem kemudi. Serta sistem pengereman ABS, EBD dan BA menambah keakuratan pada saat pengereman.

New Full Size Accord juga dibekali dengan rancang bangun kokoh G-CON+ACE, Dual SRS Airbag dan Side Airbag, Dual Pretensioner & ELR with 2 Steps Load Limiting System, Active Headrest, dan HID Headlight with Auto Leveling. Dan untuk melindungi pejalan kaki, sedan mewah ini dilengkapi dengan Pedestrian Protection Body yang berfungsi mengurangi cedera jika terjadi tabrakan.

Semua fitur keselamatan tersebut berhasil mengantar New Full Size Accord meraih 5 (lima) bintang rating JNCAP untuk pengemudi maupun penumpang.

Untuk harga, New Full Size Accord dipasarkan dengan harga on the road Jabodetabek sebagai berikut:

2.4L VTi Manual Rp 428,5 juta;
2.4L VTi Otomatis Rp 443,5 juta;
2.4L VTi-L Otomatis Rp 481,5 juta; dan
3.5L V6 i-VTEC Rp 708 juta.

Mengenai target penjualan, Marketing & Aftersales Service Director PT HPM – Jonfis Fandy menjelaskan, “Kami yakin diluncurkannya New Full Size Accord akan mampu memberikan penyegaran di kelas medium sedan sekaligus meningkatkan penjualan Honda Accord di kelas ini. Dengan kondisi pasar yang diharapkan terus meningkat, kami menargetkan penjualan 2.000 unit untuk New Full Size Accord pada tahun ini”.

Untuk menggapai target tersebut, New Full Size Accord harus bersaing dengan New Nissan Teana dan seteru abadi New Toyota Camry.

RM

Sumber: Kendaraan.Info

Leave a Reply

Your email address will not be published.