Mudik Asyik dengan Mobil Sewaan

Bulan Ramadan tiba, tiba pula waktunya mempersiapkan alat transportasi mudik. Nah, salah satu sarana favorit adalah mobil sewaan. Apalagi jika daerah tujuan mudik begitu tersedia sarana transportasi umum memadai.

Menyewa mobil dapat menjadi alternatif pemecahannya. Jika Anda berencana untuk mencoba alternatif jasa penyewaan mobil, berikut tips untuk membantu Anda:

Sebelum menyewa mobil
Berapa lama Anda akan menggunkaan jasa penyewaan ini? Jika kurang dari seminggu, lebih baik memanfaatkan perusahaan penyewaan mobil yang besar. Sebaliknya, untuk penyewaan lebih dari satu minggu, rental mobil lokal dapat anda andalkan. Selalu bandingkan harga, bahkan lihatlah harga-harga di internet. Kadang perusahaan besar hanya memberi diskon yang hanya dicantumkan di internet, ambil keuntungan dari situ.

Ketika akan menyewa
Pastikan anda memahami kondisi pemesanan anda. Apakah ada penalti yang harus dibayar jika terjadi pembatalan. Berapa lama mobil dapat digunakan seandainya terjebak dalam kemacetan ketika mengambilnya. Pertanyaan tersebut penting untuk diajukan sebagai jaminan. Untuk penyewaan sekali jalan, tanyakan tentang biaya drop off. Terkadang ini bisa melebihi harga biasanya.

Harga dasar
Harga yang anda lihat pada iklan penyewaan mobil kadang akan dikenai berbagai biaya tambahan. Seperti perusahaan penerbangan, perusahaan penyewaan mobil yang besar juga mengadopsi “manajemen lapangan”. Artinya, mereka akan dengan segera menyesuaikan harga berdasarkan perubahan pada jumlah kendaraan yang tersedia. Ini berarti harga yang anda lihat hanya berlaku untuk waktu itu saja. Kecuali jika anda melakukan pemesanan pada saat itu juga, harga mungkin tidak akan berubah.

Saat pengambilan dan pengembalian mobil
Ada baiknya anda mengambil mobil sewaan, langsung di tempat penyewaannya, sehingga dapat terhindar dari biaya tambahan. Sebelum meninggalkan tempat penyewaan, perhatikan dengan seksama kerusakan mobil yang anda sewa. Laporkan kerusakan yang anda temukan secara personal sebelum meninggalkan tempat tersebut.

Waspadalah ketika anda mengembalikan mobil lebih cepat dari perkiraan yang telah disepakati. Harga sewa bisa jadi lebih mahal, karena perhitungannya bisa berubah. Pastikan juga anda ada saat pegawai mobil memeriksa badan mobil yang disewa hingga tercapai persetujuan antara anda dengan petugas tersebut. Guna menghindari kesalahpahaman yang dapat merugikan anda. (diolah dari berbagai sumber)
(ton)

Leave a Reply

Your email address will not be published.