Minggu Depan Mercedes Indonesia Luncurkan GL500 SUV


JAKARTA – Agen tunggal pemegang merek (ATPM) mobil non-Jepang makin agresif mengeluarkan sejumlah model seiring meningkatnya pasar mobil nasional. Minggu depan Mercedes Benz Indonesia memperkenalkan model GL500 SUV.

Peluncuran mobil berkapasitas mesin 5.500 cc diharapkan memperluas pangsa pasarnya Mercedes di kelas SUV premium.

“Kami akan meluncurkan produk ini pekan depan. Kami tidak mematok target penjualan karena memang segmennya terbatas,” kata Yuniadi H Hartono Deputy Marketing Director Mercedes Benz Indonesia di Jakarta Selasa (9/9/2008) kemarin. Yuniadi menjelaskan, target konsumen untuk produk yang dibanderol seharga Rp1,89 miliar hingga Rp2 miliar per unit ini diperuntukkan bagi pengguna mobil sekunder

Hingga Juni 2008, Mercedes Benz masih tercatat sebagai pemimpin pasar di kelas sedan premium dengan total penjualan 1.300 unit, atau setara 69,4 persen dari total pasar mobil premium. Dari segi segmentasi, tiga varian Mercedes juga memimpin pasar, yakni C-Class sebanyak 734 unit atau 77,3 persen, E-Class 309 unit 66,3 persen, dan S-Class 155 unit 79,5 persen.

Selain Mercedes, PT Ford Motor Indonesia (FMI) juga mencoba memperluas pasarnya dengan memasuki segmen baru mobil kompak (low multipurpose vehicle/MPV) dengan memasarkan Ford Fiesta pada awal 2010. Besarnya permintaan di segmen ini membuat FMI mencoba meraih peruntungan lebih di kelas ini.

Presiden Direktur FMI Will Angove mengatakan, saat ini penelitian intensif sedang dilakukan Ford Motor Corp guna memaksimalkan basis produksi Ford di Thailand. Dalam waktu dekat, lanjut dia, Fiesta akan segera diluncurkan pertama kali di China.

“Tren perkembangan mobil sekarang menuju yang lebih dinamis, kompak, dan irit bahan bakar. Di Indonesia, pasar mobil sangat besar dan jika berjalan sesuai dengan rencana, maka Januari 2010 kita sudah bisa memasarkan mobil ini di sini,” ujar Will. Ford Fiesta merupakan mobil kompak yang disebutsebut sebagai model kendaraan teririt yang pernah dimiliki Ford.

Produk ini rencananya dilepas pada kisaran harga Rp140 juta hingga Rp180 juta. Segmen mobil multiguna yang memiliki potensi permintaan tinggi ini, kini diisi beberapa model seperti Honda Jazz, Suzuki Swift,dan ToyotaYaris.

“Yang pasti, produk ini akan sangat kompetitif dengan pemain lain seperti Toyota, terutama dari segi harga jualnya,” imbuh Will. ATPM asal Negeri Jiran, Proton, tidak ketinggalan dengan mempersiapkan produk terbarunya di segmen MPV pada 2009 mendatang.

Selain Indonesia, produk terbaru Proton ini juga direncanakan masuk pasar Thailand. Head of Public Relation & Promotion PT Proton Edar Indonesia Prisilla Puspitasari mengatakan sedang mempersiapkan produk baru tersebut untuk menjajaki pasar Indonesia.

Saat ini, jelas dia, Proton masih melakukan penyempurnaan terhadap produk tersebut. “Memang ada rencana itu, tapi saya belum bisa menceritakan lebih lanjut soal spesifikasinya. Yang pasti, mobil ini rencananya baru masuk Indonesia awal 2010,” ujar Prisilla kemarin.
(sindo//ton)

Leave a Reply

Your email address will not be published.